Thursday, 23 May 2019

Agar Tidak Mudah Dehidrasi Saat Puasa, Ada Tipsnya Lho

Rabu, 8 Mei 2019 — 9:18 WIB
Ilustrasi.

Ilustrasi.

SAAT menjalani puasa selama kurang lebih 14 jam, tubuh rentan terhadap dehidrasi.  Hal ini disebabkan cairan yang hilang tidak bisa langsung tergantikan.

Orang yang mengalami dehidrasi biasanya ditandai dengan sakit kepala, mual, konsentrasi berkurang bahkan hingga jatuh pingsan.

Untuk menghindari dehidrasi yang berlebihan, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini :

*Minum sewajarnya saja, saat Anda sahur maupun berbuka puasa. Karena, minum terlalu banyak justru membuat tubuh ingin cepat mengeluarkannya, seperti menimbulkan rasa mual dan muntah.

*Kurangi aktivitas luar ruangan yang membuat Anda rentan kehilangan banyak cairan.

* Busana yang dikenakan juga dapat mempengaruhi pengeluaran cairan dari tubuh Anda. Pakaian berwarna cerah dan ringan bisa membantu ‘menolak’ sinar matahari dan menghindari keringat berlebih.

* Jika Anda gampang berkeringat, cepat-cepatlah menyeka keringat Anda agat pori-pori pada kulit tidak tertutup. Pori-pori yang tertutup, dapat menganggu transfer panas tubuh serta memunculkan berbagai gangguan, seperti kulit kering atau bibir pecah-pecah.

* Hindari kopi pada saat sahur. Kopi memacu tubuh memproduksi urin lebih cepat, sehingga tubuh akan cepat kehilangan cairan tubuh.

*Konsumsi banyak sayur dan buah saat Anda sahur dan berbuka puasa. (*/mb)