Tuesday, 21 May 2019

Ingin Ikut Berpuasa Saat Menjalani Pengobatan? Perhatikan Hal Berikut!

Sabtu, 11 Mei 2019 — 11:12 WIB
Ilustrasi.

Ilustrasi.

SELAMA Ramadan, umat Islam yang secara fisik dan mental sehat menjalankan ibadah puasa.  Namun, jika Anda sedang dalam pengobatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum ikut berpuasa.

Healthxchange.sg melansir beberapa langkah yang harus dilakukan agar Anda tetap dapat menjalankan ibadah tanpa terganggu jadwal pengobatan yang ada.

  1. Konsultasi dengan dokter dan apoteker

Manfaat mendiskusikan jadwal pengobatan sebelum Ramadhan, agar ada penyesuaian antara ibadah dan pengobatan yang sedang Anda jalani.  Selain itu, untuk menghindari efek samping dan kegagalan pengobatan, karena penggunaan obat yang diresepkan yang tidak tepat.

  1. Perhatikan dosis

Jika Anda minum obat-obatan jangka panjang yang teratur, Anda harus mengkonfirmasi dosis obat Ramadhan Anda dengan dokter Anda.

  1. Anda juga harus yakin tentang jadwal minum obat minum obat Anda, terutama ketika obat dipengaruhi oleh asupan makanan.
  2. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National University of Singapore, ditemukan bahwa kadar gula darah pasien selama bulan Ramadan cenderung lebih rendah. Karena itu, dosis rutin obat diabetes selama bulan puasa mungkin sebenarnya “terlalu banyak”. Penyesuaian dosis mungkin diperlukan jika Anda menderita diabetes, sehingga Anda tidak akan menderita gejala gula darah rendah. (mb)