Wednesday, 19 June 2019

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Tingkat DKI Jakarta Diundur

Sabtu, 11 Mei 2019 — 15:59 WIB
Ilustrasi.

Ilustrasi.

JAKARTA – Rapat pleno rekapitulasi tingkat Provinsi DKI Jakarta disebut baru dapat dilaksanakan pada Minggu (12/5/2019). Pasalnya, hingga Sabtu (11/5/2019) sore, Jakarta Utara dan Jakarta Timur masih belum merampungkan rapat pelano terbuka di wilayahnya.

“Berdasarkan informasi, Jakarta Utara baru mulai lagi plenonya untuk kecamatan terakhir malem ini. Mudah-mudahan malem ini juga bisa segera di kirim ke KPU Provinsi untuk diplenokan besok (Minggu, 12/5/2019),” ujar Komisioner KPU DKI Jakarta Nurdin ketika dihubungi poskotanews.com.

Sebelumnya ia sempat mengungkapkan penyebab lambatnya proses rekapitulasi di Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Salah satunya, banyaknya Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kedua kota tersebut.

“Ya kendala utara sebenernya secara umum TPS nya diatas 1000 ya. Kemudian akurasi data, yang katanya seringkali buka buka kotak ketika dalam penulisan C1 ini tidak akurat kan kita harus buka kotak, liat plano, ini kan makan waktu,” kata Nurdin.

“Dalam proses lancar saja, itu proses yang kami pantau, kami lihat, itu disetiap satu kecamatan (butuh) satu jam untuk menyelesaikan satu TPS. Artinya kalau awalnya kita diberi empat paralel kelas, satu jam itu kita baru menyelesaikan empat TPS seperti itu. Itu (kalau) lancar. Kalau tidak lancar, buka kotak dan lain-lain itu menyumbang waktu yang lebih banyak lagi,” jelasnya. (cw2)