Saturday, 21 September 2019

Tiba di Polda Metro, Pengancam Penggal Kepala Jokowi Berjalan Menunduk

Minggu, 12 Mei 2019 — 17:13 WIB
HS pengancam Jokowi digelandang ke Polda Metro Jaya. (Yendhi)

HS pengancam Jokowi digelandang ke Polda Metro Jaya. (Yendhi)

JAKARTA – Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya telah membekuk HS (25), pelaku yang mengancam akan memenggal kepala presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia dibekuk di perumahan di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/5/2019) pagi.

Usai ditangkap, HS langsung digelandang ke Polda Metro Jaya oleh anggota Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Minggu sore untuk menjalani pemeriksaan.

HS dibawa menggunakan mobil Jatanras dengan pengawalan ketat Kepolisian. Dia nampak mengenakan peci hitam dan jaket cokelat persis yang dipakai saat dia melakukan ancaman kepada Jokowi.

Namun, kali ini HS hanya terlihat diam dan tertunduk lesu dengan masker menutupi mulutnya. Tidak ada tanggapan apapun dari HS selama dibawa masuk ke gedung Ditreskrimum.

Ancaman tersebut dia lontarkan saat mengikuti aksi unjuk rasa di depan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jumat (10/5/2019). Video dirinya pun viral di media sosial (medsos).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, mengatakan pelaku diancam dengan pasal dugaan makar karena dinilai mengancam keamanan negara. Selain itu dia juga dikenakan pasal Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 104 KUHP. Pasal 27 ayat 4 junto pasal 45 ayat 1 UU RI no 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI no 11 tahun 2008 tentang ITE,” kata Argo, Minggu (12/5/2019).

Kini HS harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan harus rela mendekam di balik jeruji besi. (yendhi/yp)