Thursday, 23 May 2019

Tipu-tipu Kelas Teri

Senin, 13 Mei 2019 — 8:25 WIB
ulat

INI dia gaya dan modus kelas penipu. Kelas kakap, ya mereka bisa menghasilkan dari tipuannya uang yang besar, miliaran. Bagi penipu kelas teri, ya dapat ratusan ribu juga oke?

Kisah yang nggak perlu ditiru ini, adalah bagaimana penipu memperdaya korban dengan unik. Seorang tetangga suatu hari kehilangan buah jambu air, di kebon samping rumahnya. Nggak tanggung-tanggung sepohon habis semua diunduh oleh seorang yang tak dikenalnya. Yang membuat tetangga ini bingung adalah bahwa buah jambunya yang ranum ranum itu dihabisi di depan matanya . “ Sementara saya nggak berkutik!” ujarnya, setengah tertawa karena dia nggak mampu harus berbuat apa?

Bagi si tetangga ini, pohon jambu semata mayangnya itu buahnya memang nggak pernah dijual apalagi diborongkan.”Ya, buat sendiri, dan tetangga yang mau lah,” katanya lagi.

Tetapi peristiwa tersebut membuat dia heran bin bingung. Beginilah kisah nyata yang terjadi di RT01/013, Gaga,Larangan, Tangerang,baru-baru ini.  Suatu pagi ada seorang ibu datang ke rumahnya minta buah jambu. ”Bu, saya minta jambunya ya, buat anak saya yang lagi ngandung, takut ngiler,” kata si ibu.

Nah, si tetangga menyilakan.” Ambil saja.”  Dan si ibu pun mengambil beberapa buah. Tapi, selang beberapa saat seorang lelaki setengah baya membawa karung langsung mengunduh buah jambu tersebut.

Si empunya pohon jambu pun menegur; “Pak,lho Bapak ini siapa kok mengambil semua jambu saya?”

Dengan tenang si lelaki berkarung itu mengatakan bahwa dia suah membeli alias memborong jambu tersebut dari ibu tadi,” Saya sudah bayar seratus ribu untuk semua jambu ini,Bu. Karena katanya dia yang punya?”

Begitulah, penipu kelas teri beraksi. Bukan soal kecilnya, tapi yang unik adalah mereka menjarah barang milik orang di depan mata dan si  korban tak berkutik? – (massoes)