Wednesday, 21 August 2019

Tol Semarang-Solo Siap Dilalui Kendaraan Arus Mudik

Senin, 13 Mei 2019 — 12:26 WIB
Tol Banyumanik. (ist)

Tol Banyumanik. (ist)

SEMARANG –  Jalan Tol Semarang-Solo sepanjang 72,60 kilometer siap dilalui kendaraan untuk arus mudik lebaran 2019 mendatang .

Jalur yang diresmikan oleh presiden Joko Widodo pada Desember 2018 ini dapat memangkas waktu 1 jam dibanding lewat Jalan Raya Semarang-Solo.

Jalan Tol Semarang – Solo adalah jalan tol di provinsi Jawa-Tengah yang menghubungkan kota Semarang, Salatiga dan Surakarta .

Jalan ini melewati tiga kabupaten , yakni Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sukoharjo . Di sepanjang ruas Tol Semarang-Solo ini ada empat area peristirahatan yang bisa digunakan pengendara.

Di sepanjang jalan tol Semarang – Solo terdapat Ruas Tol Bawen – Salatiga yang diresmikan presiden Joko Widodo 25 Juli 2017 silam .

Ruas Tol Bawen-Salatiga yang digadang-gadang memiliki panorama terindah se-Indonesia dengan latar Gunung Merbabu ini dirancang sepanjang 17,6 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo dengan total 72,64 kilometer.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan arus kendaraan saat mudik lebaran 2019 , pihak PT Trans Marga Jateng (TMJ), pengembang dan pengelola Tol Semarang-Solo  menambah gardu miring sisi entrance sebanyak 6 lajur di Gerbang Tol (GT) Banyumanik Semarang .

Sejumlah pengendara yang melintasi jalan tol Semarang – Solo seluruhnya menyatakan kepuasannya melintasi jalur tersebut . Selain nyaman dengan pemandangan yang indah , perjalanan Semarang -Solo ditempuh dalam waktu yang cepat .

” Saya puas karena perjalanan saya dari Madiun sampek di Semarang sangat cepat melewati jalan tol Semarang – Solo , ujar Suryo Widodo , warga Padangsari Semarang . (Suatmadji /tri) .