Friday, 19 July 2019

Angkutan Lebaran, AirNav Banjir Permintaan 1.336 Extra Flight

Rabu, 15 Mei 2019 — 19:29 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA  – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav telah menerima permintaan 1.336 penerbangan tambahan extra flight untuk dalam negeri dan 44 slot rute international pada mudik 2019.

Direktur AirNav Indonesia Novie Riyanto menyebutkan jumlah permintaan extra flight tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu.

“Sampai kini ekstra flight domestik sebanyak 1.336 dari 6 maskapai dan Internasional 44 slot dari 3 maskapai,” kata Novie Riyanto.

Meskipun banyak extra flight untuk masa angkutan Lebaran, Novie menjamin rute lalu lintas udara yang diatur oleh Airnav  tetap berjalan kondusif dan tertib. “Jangan sampai ada penumpukan. Kita usahakan distribusi slot rata di bandara asal dan tujuan,” ujarnya.

Bila terjadi penumpukan maka extra flight distop . “Kalau melebihi kapasitas, kita gak bisa izinkan,” terang Novie.

Selama masa angkutan Lebaran, untuk jam operasional kerja akan ditambah  menjadi full 24 jam di beberapa bandara yang dipastikan sibuk terutama  saat puncak arus mudik penerbangan yang diperkirakan akan terjadi pada 29 Meidan arus balik pada 9 Juni 2019.

Jam kerja operasional yang ditambah saat ini baru 8 bandara yang sudah ditetapkan akan beroperasi 24 jam yakni Batam, Denpasar, Halim Perdana Kusuma, Soekarno Hatta, Manado, Makassar, Medan, dab Surabaya.

Sedikitnya ada 3.890 personel bersiaga guna memastikan semua fasilitas navigasi berjalan normal dan personel melaksanakan tugas pelayanan dengan sebaik mungkin. (dwi/win)