Sunday, 18 August 2019

Argo : Ini Alasan Eggi Sudjana Ditahan

Rabu, 15 Mei 2019 — 12:49 WIB
Kombes Argo Yuwono,  Kabid Humas Polda Metro Jaya. (yendhi/dok)

Kombes Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya. (yendhi/dok)

JAKARTA – Eggi Sudjana telah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, terhitung sejak Selasa (14/5/2019) malam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengungkapkan alasan penyidik melakukan penahanan terhadap Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, salah satunya menutup kemungkinan menghilangkan barang bukti terkait kasus dugaan makar dan pernyataan people power yang menyandungnya.

“Pertimbangan yang diberikan oleh penyidik (yakni) jangan sampai yang bersangkutan menghilangkan barang bukti, (dan) mengulangi perbuatannya atau melarikan diri,” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada Rabu (15/5/2019).

Lebih lanjut ia menjelaskan kalau penyidik memiliki kewenangan untuk melakukan penahanan terhadap tersangka.

“Itu wewenang penyidik melakukan penahanan,” lanjutnya.

(Baca :Polisi Tahan Eggi Sudjana Sejak Selasa Tengah Malam)

Sebelumnya Eggi sempat menyampaikan kalau dirinya memang enggan menandatangani surat penahanan tersebut. Salah satu alasannya, pihaknya tengah mengajukan gugat praperadilan ke Pengadilan terkait kasus makar dan pernyataan people power.

“Saya sebagai advokat menurut UU 18 tahun 2003 pasal 16, advokat tidak dapat dipidana atau digugat baik di dalam ataupun di luar sidang. Itu juga merupakan keputusan dari mahkamah konstitusi Nomor 26 tahun 2014,” kata Eggi pada Selasa (15/5/2019) malam.

“Lalu ada kode etik advokat, saya ketua dewan kehormatan advokat kongres advokat indonesia sudah kirim surat harusnya kode etik advokat dulu yang harusnya diproses,” lanjutnya.

Eggi sendiri diketahui mulai ditahan sejak Selasa (14/5/2019) malam. Ia masuk Rumah Tahanan Polda Metro Jaya sekitar pukul 23.00 WIB dan akan ditahan sampai 20 hari kedepan.(cw2/tri)