Monday, 20 May 2019

Bawa Villa Ke Wembley, Smith Ogah Jemawa

Rabu, 15 Mei 2019 — 17:01 WIB
Tim Aston Villa melakukan selebrasi usai mengalahkan West Bromwich Albion melalui drama adu penalti dan lolos ke final babak play-off Divisi Championship. (reuters)

Tim Aston Villa melakukan selebrasi usai mengalahkan West Bromwich Albion melalui drama adu penalti dan lolos ke final babak play-off Divisi Championship. (reuters)

INGGRIS – Pelatih Aston Villa, Dean Smith mengingatkan anak-anak asuhnya untuk tidak jemawa setelah lolos ke partai final babak play-off Divisi Championship. Smith sukses membawa timnya ke Wembley usai mendepak West Bromwich Albion pada leg kedua fase semifinal, Rabu (15/5/2019) dini hari WIB.

Menurut Smith, kemenangan atas West Brom belum menjamin tim besutannya itu bisa meraih satu tiket promosi tersisa di Liga Primer Inggris musim depan. Apalagi Villa masih harus menghadapi pemenang antara Leeds United atau Derby County di semifinal lainnya untuk menghadang langkah mereka ke Liga Primer musim depan.

“Masih ada satu fase lagi untuk berlaga di Liga Primer musim depan,” kata Smith menanggapi laga selanjutnya di partai final yang akan digelar di Stadion Wembley pada 27 Mei mendatang.

“Kami masih harus melewati Leeds atau Derby dan itu akan menjadi pertandingan yang sulit. Tapi kami sudah sampai di sini (partai final) dan satu pertandingan lagi, akan mengamankan tempat kami di Liga Premier. Para pemain bisa pergi dan menikmati kemenangan ini selama beberapa hari sebelum kami bertanding di final,” lanjut Smith yang juga bangga dengan performa anak-anak asuhannya saat mendepak West Brom, seperti dikutip Birmingham Daily, usai laga.

Pada laga yang digelar di The Hawthorns itu, Villa menang lewat drama adu penalti 4-3 setelah bermain imbang dengan agregat 2-2 selama 120 menit laga. Dalam laga tersebut, West Brom yang kalah 1-2 pada leg pertama di Villa Park, sempat unggul lebih dulu di The Hawthorns, berkat gol Craig Dawson (39′), sekaligus menyamakan agregat menjadi 2-2. Sayang, West Brom harus bermain dengan 10 orang, akibat kartu kuning kedua yang diterima Chris Brunt (80′).

(BacaAston Villa Tekuk WBA 2-1 Belum Jamin Lolos ke Liga Inggris)

Walhasil, West Brom terpaksa harus mengendurkan serangan sehingga skor 1-0 (agregat 2-2) bertahan selama 90 menit laga hingga perpanjangan waktu 2×15 menit. Laga pun harus ditentukan lewat drama adu penalti yang dimenangi Villa dengan skor akhir 4-3. Jed Steer menjadi pahlawan pada babak tos-tosan tersebut setelah menggagalkan dua tendangan penalti West Brom, sebelum Tammy Abraham mencetak gol penentu kemenangan Villa.

“Saya tidak ingin ada pemain lain yang menggambil posisi Tammy (Abraham) sebagai algojo dan untuk Jed (Steer),  bisa melakukan dua penyelamatan penalti, adalah hal yang luar biasa,” imbuh Smith yang juga memberikan kredit kepada West Brom, meski tetap di Divisi Championship, musim depan.

“Kami bersiap untuk itu karena kami lolos ke babak play-off dan kami tahu siapa yang akan menjadi algojo penalti kami. Saya pikir kami pantas lolos ke final secara keseluruhan,” tuntas Smith. (junius/ys)