Tuesday, 16 July 2019

Depok dan Tangsel Menuju 100 Smart City

Rabu, 15 Mei 2019 — 22:23 WIB
Walikota Depok Muhammad Idris saat penandatangan kegiatan MoU Program 100 Smart City tahun 2019. (ist/)

Walikota Depok Muhammad Idris saat penandatangan kegiatan MoU Program 100 Smart City tahun 2019. (ist/)

DEPOK – Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masuk program gerakan menuju 100 Smart City 2019 yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk itu Walikota Depok Muhammad Idris maupun Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Jakarta.

“Alhandulillah.. Kota Depok kembali masuk menjadi salah satu dari 100 kota/kabupaten untuk Smart City tahun 2019 yang bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah,” kata Walikota Depok Muhammmad Idris didampingi Kepala Dinas Kominfo setempat Sidik Mulyono, Rabu (15/5).

Untuk Kota Depok sendiri sebetulnya tahun 2018 juga sempat masuk dalam kategori tersebut namun karena hal non teknis akhirnya dibatalkan. Untuk tahun 2019 kita lebih siap dengan dukungan anggaran dari pemkot.

Mendagri Cahyo Kumolo bersama sejumlah walikota dan bupati se Indonesia dalam MoU Program Smart City tahun 2019. (ist)

Mendagri Cahyo Kumolo bersama sejumlah walikota dan bupati se Indonesia dalam MoU Program Smart City tahun 2019. (ist)

Menurut dia, pihak Kementerian Kominfo nantinya akan memgirim ahli untuk membantu pemerintah kota Depok dalam menyusun Master Plan Smart City dan membentuk Dewan Smart City Depok. “Tujuan dari Master Plan ini untuk memperjelas arah smart city ke depan seperti apa” tuturnya.

TANGSEL SUDAH SIAP

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, mengatakan pihaknya sudah siap dalam menyambut program 100 Smart City tahun 2019 karena hampir seluruh kegiatan pelayanan ke masyarakat secara luas sebagai salah satu program inovasi selama ini.

Keberadaan program 100 Smart City tahun 2019 selain untuk mewujudkan Masterplan Smart City dan pembentukan dewan smart city jelas membutuhkan sinergitas pemangku kepentingan antara Pemerintah, Perwakilan dari Akademisi, Dunia Usaha serta Komunitas Masyarakat.

Pihaknya, tambah dia, berharap semua pemangku kepentingan bersinergi membangun Kota Tangsel menuju kota Smart City karena seluruh permasalahan harus kita pikirkan bersama solusinya, seperti masalah kemacetan, sampah hingga masalah urbanisasi sebagai salah satu kota perbatasan DKI Jakarta. (anton)