Thursday, 23 May 2019

Ini Yang Disita dari Wanita Pembuat Video Penggal Jokowi

Rabu, 15 Mei 2019 — 17:20 WIB
youtube

youtube

JAKARTA – Terduga perekam dan penyebar video viral yang menyerukan ancaman memenggal Presiden Joko Widodo telah ditangkap. Polisi menyita sejumlah barang bukti dari terduga tersebut yang berinisial IY.

“Iya ada beberapa barang bukti yang diamankan, salah satunya kacamata hitam,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono ketika dikonfirmasi oleh wartawan, pada Rabu (15/5/2019).

Namun tak hanya kacamata hitam saja yang diamankan oleh polisi, ada pula satu unit ponsel iPhone 5s, masker hitam, kerudung biru, tas berwarna kuning dan cincin. Barang-barang tersebut diketahui sebagai barang yang digunakan IY saat merekam video tersebut.

“Yang bersangkutan mengakui bahwa dia adalah yang ada di video tersebut,” ungkapnya.

Video yang direkam oleh IY viral di media sosial. Video tersebut berisikan ancaman memenggal Presiden Jokowi. Dimana ancaman tersebut diserukan oleh tersangka HS saat ikut aksi unjuk rasa di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta Pusat, pada Jumat, (10/5/2019).

Tersangka HS pun telah diciduk oleh anggota Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya ketika tengah berada di kediaman kerabatnya, di daerah Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/5/2019) pagi.

HS dikenakan pasal dugaan perbuatan makar karena dinilai telah membahayakan keamanan negara. Tersangka juga dikenakan pasal Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), yakni Pasal 104 KUHP dan atau 110 KUHP, Pasal 336, Pasal 27 ayat 4 UU ITE. (cw2/b)