Friday, 19 July 2019

Mak Deli, Boru Batak yang Punya Logat Betawi

Rabu, 15 Mei 2019 — 11:24 WIB
Mak Deli. (instagram)

Mak Deli. (instagram)

JAKARTA – Meski sudah berusia 63 tahun, tapi aktris bernama Deliana Siahaan ini tetap enerjik dan penuh semangat jika berada di lokasi syuting. Di usia senjanya, ketenaran mak Deli, begitu panggilannya, justru makin melejit lewat peran ‘Mak Suha’ di serial sinetron populer “Dunia Terbalik”.

Sosok karakter ‘mak Suha’ menjadi salah satu bagian penting dalam cerita yang sudah tayang ratusan episode tersebut. Galak, disegani dan ditakuti, sosok itu menurut dia jauh dari karakter aslinya. “Aku memang boru Batak, tapi nggak galak kok hehe,” candanya. “Justru logatku udah kayak orang Betawi, karena emang aku besar di Jakarta,” imbuhnya.

Puluhan tahun menggeluti dunia akting, anehnya mak Deli belum pernah jadi peran utama. Tapi perannya selalu jadi perhatian, sekalipun itu antagonis. Mak Deli kerap mencuri perhatian penonton dari setiap peran yang dia lakoni.

“Tapi yang paling sukses ya di sinetron Dunia Terbalik ini. Sejak awal tokoh mak Suha terus ada di setiap episodenya. Rasanya udah seperti penguasa Ciraos haha,” ungkapnya tertawa.

Di lingkungan syuting Dunia Terbalik, mak Deli memang sudah dianggap menjadi ibu atau emak para pemain muda Dunia Terbalik. “Emak merasa, emak sangat disayang di sini, bener-bener jadi satu keluarga,” jelasnya.

Dalam menekuni karirnya, Mak Deli mengaku sangat bersyukur sampai sekarang tetap sehat. “Itu paling penting, Alhamdulillah emak selalu sehat, jadi tetap gigih dan enjoi syutingnya. Untuk jaga kesehatan, abis syuting emak langsung istirahat dan banyak ngobrol, gaul dengan lintas usia ya, mulai anak-anak sampai yang seumuran dengan emak,” ungkapnya. (ali/mb)