Tuesday, 16 July 2019

Polres Purwakarta Mulai Petakan Jalur Mudik Lebaran

Rabu, 15 Mei 2019 — 23:11 WIB
mudikmacet

PURWAKARTA – Polres Purwakarta mulai melakukan persiapan dan pemetaan jalur mudik Lebaran 2019 di wilayahnya terdiri jalur arteri dan tol. Sejumlah jalur nasional dan arteri di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, masih menjadi favorit pemudik.

Kanit Laka Satlantas Polres Purwakarta, Ipda Asep Kusmana,mengungkapkan sampai saat ini sejumlah jalur diwilayahnya masih menjadi andalan favorit pemudik pulang kampung.

“Sejauh ini, jalur nasional di kita masih menjadi andalan sebagai jalur favorit di musim mudik dan balik Lebaran,” kata Asep, Rabu (15/5/2019).

Asep menjelaskan jalur mudik di wilayahnya yang masih jadi primadona itu antara lain jalur Cikopo-Pantura via Simpang Jomin. Kemudian, Jalur Cikopo-Sadang via Bungursari, Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah). Lalu, jalur Sadang-Purwakarta menuju Wanayasa-Subang-Cikamurang (jalur selatan).

“Persiapan kita tak hanya pengamanan, tapi kita melakukan juga pemetaan titik rawan kemacetan dan kecelakaan,”ujar dia.

Menurut dia, hasil pemetaan jajarannya menyimpulkan, diwilayahnya ada beberapa jalur yang dianggap rawan kecelakaan yakni terdapat di jalur arteri dan jalur nasional, serta ruas Tol Cipularang dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

“Untuk di ruas Tol Cipularang, ada 10 kilometer yang rawan kecelakaan yakni dari mulai Km 90 hingga Km 100, baik dari arah Bandung-Jakarta dan sebaliknya,” jelasnya.

Sedangkan untuk titik rawan di ruas Tol Cipali yakni terdapat di KM 73 sampai 83 di kedua jalur.

Tak hanya di ruas tol, titik rawan kecelakaan pun terdapat di jalur arteri yakni jalur Purwakarta-Bandung via Padalarang, jalur Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah), serta jalur Sadang-Cikopo (Bungursari).

“Hasil pemetaan ini menilik dari intensitas kecelakaan yang selama ini kerap terjadi di titik-titik tersebut. Salah satu pemicunya kontur jalan dirawan kecelakaan itu cukup berbahaya seperti kondisinya lurus, tanjakan terjal, turunan curam hingga tikungan tajam‎,”ungkapnya seraya mengimbau pemudik berhati hati berkendara dijalur yang telah dipetakan rawan kecelakaan tersebut. (dadan)