Wednesday, 21 August 2019

Siap-siap Lebaran Sebentar Lagi

Rabu, 15 Mei 2019 — 4:46 WIB
siap lebaran

TERSERAH sekarang ini mau menghitung hari atau minggu, sama saja. Pasti bakalan sampai, ke hari Raya Idul Fitri alias Lebaran. Orang boleh berseloroh; ’ Lebaran nggak lewat sini!’ Tapi, pasti Lebaran bakalan ada di mana-mana.

Sudah menjadi kebiasaan atau tradisi masyarakat, kalau Lebaran sudah siap-siap jauh jauh hari. Ya, siapa saja lah, memburu tiket untuk pulang kampung, atau beli kendaraan, bagi yang punya rezeki? Apa salahnya?

Memburu baju baru? Ini juga nggak bisa dilewatkan pokoknya namanya Lebaran harus; pakai baju baru biar cuma sepotong. Itu wajib? Tapi, kan biasanya di zaman now ini ,terutama emak emak pasti mau lebih dari satu. “ Kan Lebaran mau jalan-jalan, tiap hari, masa bajunya cuma itu itu doang nggak ngepek lah!

Beli kue atau bikin  sendiri dan mempersiapkan bahan buat masakan ketupat dan lauk pauknya, rendang, semur, opor sayur sambel godok, gulai. Hem banyak ya?

Ya, mengapa begitu banyak sih yang harus disiapkan? Tentu saja, bagi masyarakat kita, kebiasaan dan tradisi membagi dan mengirim bawaan kue atau makanan pada kerabat di hari Lebaran wajib hukumnya, yang muda ke saudara yang lebih tua. Jadi mau nggak mau ya harus disiapkan. Oke?

Nah, masalahnya adalah  ini juga tradisi bahwa semua bahan keperluan Lebaran, terutama sembako suka seenaknya saja harganya naik kejar-kejaran. Ini yang bikin pusing emak-emak.

Halo, para pemimpin sejenak tinggalkan hiruk pikuk politik. Sekaran giliran masyarakat ingin perhatian untuk merayakan Lebaran. Nggak muluk-muluk, rakyat hanya minta dimudahkan segala urusnnya. Urusan sandang dan pangan dengan harga terjangkau. Dan Lebaran di mana saja dengan aman. Sudah jangan pada ribut, rakyat pusing! – (massoes)