Monday, 20 May 2019

Vaksinasi Terus Digalakkan agar Jakarta Bebas Rabies

Rabu, 15 Mei 2019 — 23:36 WIB
rabies

JAKARTA – Puluhan Hewan Penular Rabies (HPR) baik milik warga maupunyang berkaliaran di wilayah Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, vaksinasi rabies dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan. Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan bahwa DKI Jakarta terbebas dari rabies.

Kasatpel Suku Dinas KPKP Kecamatan Cilandak Nila mengungkapkan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan mempertahankan Kota Jakarta bebas dari rabies. Menurutnya, ada 28 HPR (Hewan Penular Rabies) telah divaksinasi. Terdiri dari 21 ekor kucing dan tujuh ekor anjing.

“Tidak ada biaya yang dipungut dari vaksinasi ini. Warga yang memiliki hewan peliharaan yang termasuk dalam HPR, dapat mengikuti vaksinasi ini. Kegiatan vaksinasi ini kami gelar di RW 08 Kelurahan Cilandak Barat,”terang, Nila, Rabu (15/5).

Menurutnya kegiatan vaksinasi ini memang rutin digelar dua minggu sekali di setiap kelurahan di Kecamatan Cilandak. Meskipun begitu, Nila menambahkan, warga juga bisa mengajukan vaksinasi apabila hewan peliharaan yang dimiliki belum mendapatkannya.

“Seperti di Kelurahan Pondok Labu. Kami menerima permintaan vaksinasi oleh warga RW 09, yang meminta agar hewan peliharaannya dilakukan vaksinasi. Dia punya 11 ekor kucing,” ungkapnya.

Nadia, pemilik hewan peliharaan kucing yakni memberikan respon positif terhadap kegiatan vaksinasi tersebut. menurutnya, selain mencegah mewabahnya penyakit rabies dengan cara seperti ini tentu pemilik dan warga yang sekitar tidak khawatir lagi.

“Vaksinasi ini perlu ya bagi hewan peliharaan seperti kucing, anjing. Apalagi saya baca Jakarta merupakan salah satu wilayah yang sudah terbebas dari rabies sejak lama. Jadi perlu kita dukung kegiatan vaksinasi ini,” Nadia. (wandi/b)