Monday, 20 May 2019

Wanita Perekam Video “Penggal” Jokowi Resmi jadi Tersangka

Rabu, 15 Mei 2019 — 20:05 WIB
Terduga perekam video yang viral karena ada kata-kata penggal Jokowi

Terduga perekam video yang viral karena ada kata-kata penggal Jokowi

JAKARTA – Perempuan berinisial IY telah ditetapkan sebagai tersangka perekam dan penyebar video ancaman penggal kepala Presiden RI Joko Widodo yang sempat viral di media sosial.

“IY sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono ketika dikonfirmasi wartawan, pada Rabu (15/5/2019).

Ia mengatakan, tersangka IY ditangkap di kediamannya di Grand Residence City, Bekasi, Jawa Barat Rabu siang.

Argo menyebutkan, IY mengaku kepada polisi kalau dirinya merupakan penyebar video viral tersebut.

“Pada saat ditangkap, pelaku mengakui perempuan dalam video tersebut benar adalah dirinya, dan dia menyebarkan video tersebut via group WhatsApp,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang diamankan oleh kepolisian, di antaranya satu unit Iphone 5s, dan Kartu Tanda Pengenal (KTP).

“Sejumlah barang bukti yang diamankan (dari IY), yakni satu masker hitam, satu kacamata hitam, satu cincin, satu kerudung biru tua, satu baju putih dan satu tas warna kuning,” kata Argo.

Video berisikan ancaman memenggal Presiden Jokowi tersebut sempat viral di media sosial. Di mana ancaman tersebut diserukan oleh tersangka HS saat ikut unjuk rasa di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, d i Jakarta Pusat, pada Jumat, (10/5/2019) lalu.

video

Berdasarkan pantauan poskotanews.com, IY dan satu perempuan lainnya tiba di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimun) Polda Metro Jaya sekitar pukul 18.00 WIB. Keduanya masing-masing didampingi oleh seorang polisi wanita (Polwan). Diam seribu bahasa, keduanya langsung dibawa ke ruang penyelidikan. (cw2/b)