Monday, 19 August 2019

439 Petugas Dinsos DKI Dikerahkan Untuk Jaring PMKS Musiman

Kamis, 16 Mei 2019 — 13:19 WIB
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA  –  Untuk meminimalisir Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) musiman selama Bulan Suci Ramadhan, Dinas Sosial DKI Jakarta menyebar 439 petugas disejumlah titik Ibu Kota.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, mengatakan ratusan petugas tersebut berjaga di 279 titik lokasi yang kerap dijadikan tempat mangkal para PMKS musiman.

Menurutnya, kegiatan ini tidak semata-mata dilakukan saat Bulan Ramadhan melainkan sudah menjadi kegiatan rutin. Sehingga tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi PMKS musiman tersebut.

“Ada 279 titik pemantauan dan kita memiliki 439 personil yang ditugaskan,” kata Irmasyah dikonfirmasi wartawan, Kamis (16/5/2019).

Dia menjelaskan, ada beberapa lokasi yang menjadi tempat biasa para PMKS musiman berkumpul meminta belas kasihan dari masyarakat. Biasanya para pengemis dadakan akan mangkal di masjid atau tempat keramaian.

“Nah nantikan juga ada Jakarta Fair tuh, di bulan puasa ini ada Jakarta Fair sekitar tanggal dua puluhan saya juga belum tahu pasti, nah di sana biasanya banyak tuh. Pada suka disana juga,” ungkap Irmansyah.

Bagi para PMKS yang terjaring razia, lanjut Irmansyah, akan dibawa ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) 1 atau PSBI 2. Setelah dilakukan pendataan maka akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

“Hasil penjangkauan, dikirim ke panti PSBI 1 dan 2, setelah diassesmen mereka ada yang dirujuk ke keluarga, dipulangkan ke daerah asal dan di bina di panti sesuai jenis permasalahannya apa,” tandas Irmansyah. (yendhi/tri)