Thursday, 23 May 2019

Buka Bersama di Monas, Jokowi Minta TNI-Polri Halau Paham Anti Konstitusi

Kamis, 16 Mei 2019 — 18:32 WIB
Presiden Jokowi didampingi Panglima dan Kapolri berbuka puasa bersama anggota TNI-Ppolri di kawasan Monas, Jakarta Pusat. (rihadin)

Presiden Jokowi didampingi Panglima dan Kapolri berbuka puasa bersama anggota TNI-Ppolri di kawasan Monas, Jakarta Pusat. (rihadin)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka puasa bersama TNI dan Polri di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Mengenakan baju koko putih dibalut jas biru tua dan berkopiah hitam, Jokowi datang pukul 17:10. Ia didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto danKapolri Jenderal Tito Karnavian, juga Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Kedatangannya disambut marawis TNI-Polri.

Sebelum buka puasa, acara diawali dengan pembacaan ayat Al Quran. Acara dilanjutkan dengan sambutan Panglima TNI Marsejal Hadi Tjahjanto.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya sinergi TNI dan Polri. “Stabilitas politik dan keamanan adalah syarat mutlak pembangunan bangsa Indonesia,” ujarnya. “Hal itu tak bisa terjadi, stabilitas keamanan dan politik, kalau TNI-Polri tak solid dan bersatu.”

Jokowi juga menyebutkan pemerintah bekerja membangun negara karena adanya soliditas TNI-Polri. Ia minta prajurit TNI-Polri terus bersama masyarakat untuk bersama membangun.

“Halau paham dan kekuatan yang tidak sesuai dengan konstitusi, Pancasila dan memangkas bibit terorisme yang mengancam kestabilan dan keutan NKRI,” katanya.

Hadir pula sejumlah menteri mulai dari Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dna Keamanan, Wiranto, Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua MAhkamah Agung, Hatta Ali, serta Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman.

Hadir pula sejumlah ulama dan habaib. Termasuk habib Lutfi bin Yahya dan Imam Besar Mesjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. (rihadin/yp)