Wednesday, 17 July 2019

Rekapitulasi Jawa Barat

Dua Menteri dan Dua Anak Menteri Jokowi Gagal ke Senayan

Kamis, 16 Mei 2019 — 18:42 WIB
Menaker M. Hanif Dhakiri dan Menag Lukman Hakim Saifuddin .(Ist)

Menaker M. Hanif Dhakiri dan Menag Lukman Hakim Saifuddin .(Ist)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merampungkan rekapitulasi hasil hitung suara Jawa Barat di tingkat nasional. Hasil suara Pileg dan Pilpres 2019 disahkan oleh pimpinan pleno, Evi Novida Ginting di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Dari hasil rekapitulasi pemilu legislatif di Jawa Barat, dua menteri Joko Widodo, gagal mendapatkan kursi di parlemen. Uniknya kedua menteri tersebut bertarung di daerah pemilihan yang sama, yakni Jawa Barat VI yang meliputi Kota Depok dan Bekasi.

Dua menteri yang gagal tersebut adalah     Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dakiri dan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Hanif hanya mengantongi 39.366 suara. Sedangkan Lukman cuma  30.197 suara.

Selain itu dua anak mentero yang turut berkompetisi di Jawa Barat juga gagal lolos. Putra Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Ravindra Airlangga dan Ananda Tohpati, anak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, juga harus mengubur mimpi menjadi anggota DPR RI.

Lebih lanjut, politisi yang sudah memiliki nama di percaturan politik Indonesia juga gagal. Sebut saja nama semacam Maruarar Sirait, Ferdinand Hutahean dan Max Sopacua serta MS Kaban juga gagal.

Politisi muda seperti Faldo Maldini dari PAN dan Dedek  Prayudi dari PSI juga tidak lolos. (ikbal/win)