Tuesday, 21 May 2019

Imbas Laga Pembuka Liga 1 Rusuh, BOPI Panggil PT LIB

Kamis, 16 Mei 2019 — 19:04 WIB
Loga Liga 1 Shopee. (ist)

Loga Liga 1 Shopee. (ist)

JAKARTA – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akan menggelar pertemuan dengan PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Jumat (17/5/2019). Pertemuan digelar untuk menyikapi kekisruhan yang terjadi pada laga pembuka Shopee Liga 1 Indonesia 2019 antara PSS Sleman dan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Rabu (15/5/2019) malam.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal BOPI, Sandy Suwandi. “Ya, benar kami akan panggil PT LIB untuk meminta laporan dari PT LIB terkait kekisruhan yang terjadi di Sleman kemarin malam. Rencananya besok (Jumat) kami menggelar pertemuan. Kami ingin laporan dari LIB juga disertai laporan panitia pelaksana. Karena di skemanya PT LIB itu panpel diberi waktu 1×24 jam untuk membuat laporan,” ungkap Sekretaris Jenderal BOPI, Sandy saat dihubungi para awak media, Kamis (16/5/2019).

Sandi berharap kekisruhan serupa tidak terulang lagi pada laga-laga selanjutnya di Liga 1. Jika terulang, pihaknya bahkan tidak segan untuk mencabut rekomendasi yang diberikan kepada PT LIB untuk menggulirkan Liga 1, beberapa waktu lalu.

“Karena ini sudah sesuai komitmen kita bersama sejak rekomendasi diberikan. Salah satunya, tidak ada tindak kekerasan dalam kompetisi sepakbola di Indonesia,” tegasnya.

Kekisruhan di Sleman jelas menjadi ‘tamparan’ bagi BOPI selaku pemberi rekomendasi kepada PT LIB untuk menggulirkan kompetisi Liga 1 2019. Sandy bahkan mengaku kecewa.

“Kalau terjadi kericuhan relatif sama seperti kemarin, peluang dicabutnya rekomendasi, besar sekali. Tapi, saya melihat karena masih terkendali, ya, Liga 1 masih bisa berjalan. Tapi kami juga harus meminta pertanggungjawaban dari LIB,” ulas Sandy.

Jika rekomendasi BOPI dicabut, maka bukan tak mungkin kompetisi bakal berhenti sejenak. Pasalnya, surat rekomendasi BOPI, merupakan kepanjangan tangan Kemenpora yang berpengaruh terhadap izin yang diturunkan oleh pihak kepolisian.

Sayang hingga berita ini diturunkan, Ketua BOPI, Richard Sam Bera tidak bisa dihubungi. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Richard sedang tidak berada di luar negeri.

Sebelumnya, kericuhan terjadi sebelum kick-off antara PSS dan Arema dan pada penghujung babak pertama. Aksi lempar-lemparan antar suporter kedua tim, disebut-sebut sebagai awal munculnya kericuhan. Laga yang sempat dihentikan sementara selama kurang dari satu jam itu, kemudian kembali dilanjutkan dengan skor akhir 3-1 untuk kemenangan tim tuan rumah. (junius/ys)