Wednesday, 21 August 2019

Longsor Timpa Rumah di Sawangan Depok

Kamis, 16 Mei 2019 — 21:34 WIB
petugas tim ranger UPT Damkar Bojongsari,  Depok tengah membantu mengevakuasi longsoran tanan di rumah warga Sawangan Baru. (anton)

petugas tim ranger UPT Damkar Bojongsari, Depok tengah membantu mengevakuasi longsoran tanan di rumah warga Sawangan Baru. (anton)

DEPOK – Tebing tanah setinggi lima meter longsor menimpa rumah warga di Gang Masjid, RT 02/07, Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Meski rumah rusak parah namun tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

“Longsornya tebing tanah mengenai bagian dapur rumah milik Amih. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, ” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depom Gandara Budiana, Kamis petang (16/5/2019).

Kejadian tersebut diduga akibat tebing tanah tidak kuat menahan rebesan air hujan yang turun Kamis sore. Beruntung tidak ada korban jiwa dan kerusakan hanya di bagian bangunan dapur rumah warga tersebut.

Menurut dia, satu tim unit ranger UPT Damkar Bojongsari dikerahkan membantu evakuasi rumah warga yang terkena musibah longsor untuk.mengeruk dan membersihkan sisa longsoran tanah di dalam rumah.

Evakusi longsoran tanah dibantu warga sekitar sekitar harus bekerja keras selama dua jam untuk mengeruk tanah dan memperbaiki tiang rumah yang roboh serta melakukan antisipasi longsor susulan dengan membuat penahan agar longsor tidak semakin luas.

“Penahan juga sudah kami buatkan karena kalau ada longsor susulan akan sangat membahayakan sekali untuk pemilik rumah,” katanya. (anton/b)