Thursday, 23 May 2019

Persija Fokus Otak-atik Strategi Hadapi Barito di Liga 1

Kamis, 16 Mei 2019 — 18:31 WIB
Bomber Persija Jakarta, Bruno Matos. (ist)

Bomber Persija Jakarta, Bruno Matos. (ist)

JAKARTA – Setelah pesta gol pada laga pamungkas di Piala AFC 2019, Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta bertekad untuk mengawali musim kompetisi Shopee Liga 1 Indonesia dengan hasil positif. Pasukan Ivan Kolev bahkan cukup percaya diri untuk menghadapi tuan rumah Barito Putera, Senin (20/5/2019) mendatang.

Komposisi yang lengkap hingga pesta gol diperlihatkan Macan Kemayoran saat melawan Shan United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019) malam, menjadi salah satu alasan bagi Kolev untuk percaya diri menghadapi Barito di Stadion Demang Lehman, Martapura. Namun komposisi yang lengkap dan hasil melawan Shan, juga harus didukung dengan kebugaran para pemain serta kesiapan Ismed Sofyan dan kolega dalam membidik kemenangan.

Oleh karena itulah, Kolev meminta anak-anak asuhnya untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum terbang ke Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Pertama, kami harus istirahat yang cukup lalu mempersiapkan diri secara serius untuk menghadapi Barito. Setelah itu baru kami memikirkan tentang strategi permainan kami,” kata pelatih asal Bulgaria itu dalam keterangannya, Kamis (16/5/2019).

Meski demikian, Kolev masih belum bisa memastikan apakah Bruno Matos dan Marko Simic bakal diturunkan secara bersamaan, menyusul kembalinya bomber asal Kroasia tersebut dalam skuat Macan Kemayoran. Menurut Kolev, untuk bisa memenangi pertandingan, strategi yang akan ia terapkan harus disesuaikan dengan kekuatan lawan.

“Yang terpenting setiap pemain bisa melakukan tugas yang diembannya, tidak peduli apa pun posisi mereka,” tegasnya.

Kolev sendiri tidak menampik jika Matos dan Simic sama-sama memiliki peranan penting di lini depan Macan Kemayoran. Sejauh ini, Simic memang belum tampil bermain sejak kembali bergabung dengan tim, beberapa waktu lalu. Namun nalurinya dalam menjebol gawang lawan, sudah tidak dapat diragukan lagi. Sementara Matos mampu menutupi kekurangan di lini depan Persija, sepeninggalan Simic untuk menyelesaikan kasus duguan pelecehan yang menjeratnya di Australia.

Terakhir, Matos mampu memborong tiga gol pada menit ke-6, 90, dan pada masa perpanjangan waktu untuk membantu Persija menang 6-1 atas Shan pada laga pamungkas fase Grup G Piala AFC di SUGBK, Rabu (15/5/2019) malam.

(BacaPersija Cukur Shan United 6-1, Bruno Matos Hattrick)

Sementara tiga gol lainnya dicetak Novri Setiawan (17′), Heri Susanto (47′), dan Riko Simanjuntak (58′). Satu-satunya gol Shan United dicetak Zin Min Tun (81′). Meski menang, hasil itu tidak mengubah posisi Persija yang finis di urutan ketiga Grup G dengan tujuh poin. (junius/ys)