Tuesday, 21 May 2019

Ratusan Pedagang di Terminal Kalideres dapat Pembinaan

Kamis, 16 Mei 2019 — 18:34 WIB
Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen memasang stiker di warung nasi pedagang di terminal setempat.

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen memasang stiker di warung nasi pedagang di terminal setempat.

JAKARTA – Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta membina 116 pedagang makanan dan minuman (makmin) yang berjualan di Terminal bus Kalideres, Jakarta Barat.

“Pembinaan terhadap pedagang bertujuan memberi jaminan kepada konsumen bahwa makanan dan minuman yang dijual di terminal ini aman untuk kesehatan sehingga layak dikonsumsi,” kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, saat pembinaan bersama petugas gabungan Pemprov DKI Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Ia menjelaskan 116 pedagang itu tersebar di kios area terminal dalam kota dan di antar kota antar provinsi (AKAP). Pembinaan mulai dari pemilihan bahan baku serta pengelolaan makanan dan minuman yang sehat, bersih dan aman bagi konsumen.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Sudinkes Jakbar, Nita menjelaskan pembinaan terhadap pedagang di Terminal Kalideres untuk mendukung terminal yang bersih, aman dan sehat.

Ia mengingatkan pedagang untuk berjualan secara jujur. Termasuk tidak menggunakan bahan pangan tambahan berbahaya untuk makanan seperti boraks, formalin maupun rhodamin.

“Jangan egois mencari untung besar tapi membahayakan kesehatan konsumen,” tandas Nita.

Melalui pembinaan tersebut, petugas memberi penyuluhan mengenai pengelolaan tempat usaha yang sehat dan bersih. Serta akan memantaunya rutin. (rachmi/yp)