Tuesday, 21 May 2019

Razia Pengemis 439 Petugas Diturunkan ke TPU dan Tempat Ibadah

Kamis, 16 Mei 2019 — 16:58 WIB
Petugas tengah mengamankan PMKS dari kawasan Mesjid Istiqlal. (Ist)

Petugas tengah mengamankan PMKS dari kawasan Mesjid Istiqlal. (Ist)

JAKARTA – Dinas Sosial DKI Jakarta menurunkan 439 petugas di seluruh kawasan pemakaman dari serbuan gepeng. Tiap taman pemakaman umum (TPU) dijaga sekitar 4-5 petugas. Gepeng yang masih nekat beroperasi di TPU akan diangkut dan dibina petugas.

Seperti diketahui setiap bulan Ramadan bakal muncul Penyandang Masalah Kesejahteran Sosial (PMKS) atau pengemis di TPU dan tempat ibadah. Dan hal itulah yang mulai terlihat di Ibu Kota Jakarta setelah 10 hari puasa berjalan.

Irmansyah, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta mengatakan petugas sudah diturunkan di kawasan itu. Namun, sejauh ini belum ada yang diamankan.

Menurut Irmansyah, operasi ketat membersihkan kawasan Jakarta dari gepeng yang kerap muncul pada bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.”Satu titik penjagaan ditugaskan empat sampai lima orang petugas,” ujar Irmansyah, Kamis (16/5).

Irmansyah menyebut, secara keseluruhan, terdapat 279 titik di Jakarta yang kerap menjadi lokasi gepeng. “Juga rumah rumah ibadah. ”

Irmansyah menengarai jumlah gepeng di Jakarta sudah menurun drastis setiap tahunnya. Para gepeng sudah berimigrasi ke daerah-daerah penyangga Ibu Kota, seperti Bekasi, Tangerang, atupun Depok dan Bogor.

“Karena di DKI Jakarta sangat ketat terhadap pemantauan dan penjagaan. Sekarang geoeng operasinya minggir ke daerah penyangga Ibu Kota,” katanya. (john)