Tuesday, 21 May 2019

Tekuk Persebaya 2-1, Bali United Buntuti PSS di Papan Atas Klasemen

Kamis, 16 Mei 2019 — 22:56 WIB
Striker Bali United, Ilija Spasojevic selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol pembuka ke gawang Persebaya. (twitter bali united)

Striker Bali United, Ilija Spasojevic selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol pembuka ke gawang Persebaya. (twitter bali united)

JAKARTA – Bali United (BU) berhasil menempel PSS Sleman untuk memimpin klasemen sementara pada pekan perdana Shopee Liga 1 Indonesia musim 2019. Sukses itu diraih tim berjuluk Serdadu Tridatu setelah mengalahkan Persebaya ‘Bajul Ijo’  Surabaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (16/5/2019) malam.

Dengan hasil ini, BU berhasil memimpin klasemen sementara Liga 1 dengan tiga angka bersama PSS Sleman, dan Kalteng Putra yang juga menang 2-1 atas PSIS Semarang pada hari yang sama.

Hasil ini juga menjadi modal positif bagi Serdadu Tridatu untuk menghadapi Bhayangkara FC (BFC) pada laga selanjutnya. Sebaliknya, hasil ini  menambah tugas Djadjang Nurdjaman dalam membenahi performa Persebaya untuk menjamu Kalteng pada laga selanjutnya.

Bermain di hadapan publik lawan, Persebaya langsung tampil menekan sejak awal laga. Sebuah peluang hasil pelanggaran I Made Andhika Wijaya pada Damian Lizio, hanya membentur pagar betis. Di sisi lain, BU justru mampu membuka keunggulan lewat aksi Ilija Spasojevic pada menit ke-14. Umpan matang Stefano Lilipally, berhasil dimaksimalkan Spasojevic untuk memecah kebuntuan. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal satu gol, tidak membuat asa Persebaya padam. Bajul Ijo bahkan mampu menyamakan kedudukan, lewat aksi Muhammad Syaifuddin pada menit ke-31. Berawal dari tembakan Lizio yang berhasil diblok Imade Andhika, menghasilkan bola liar yang di sambar Syaifuddin untuk merobek jala BU, seraya merubah papan skor menjadi 1-1. Sayang, sejak saat itu tidak ada gol yang tercipta, sehingga skor 1-1, bertahan hingga turun minum.

BU yang tidak ingin gagal meraih poin penuh di depan publik sendiri, berinisiatif menyerang sejak awal babak kedua. Hasilnya, Paulo Sergio berhasil membawa BU kembali unggul di menit ke-49. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Persebaya, Sergio sukses melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang tidak mampu dihalau Miswar Saputra. Papan skor pun kembali berubah dengan skor 2-1 untuk keunggulan Serdadu Tridatu.

Sayang, hingga tambahan waktu 5 menit, tidak ada gol yang kembali tercipta. BU pun memastikan kemenangan pertama mereka atas Persebaya di Liga 1. Musim lalu, tim yang kini diasuh Stefano ‘Teco’ Cugurra itu selalu kalah dalam dua pertemuan dengan Persebaya.

Hasil ini sendiri membuat Persebaya harus tercecer di papan bawah tanpa angka, bersama Arema FC, dan PSIS. Pada laga lainnya, BFC tahan tuan rumah Pusamnia Borneo 1-1. (junius/ys)