Sunday, 25 August 2019

Bawaslu Sebut Penetapan Hasil Pemilu Bisa Dilakukan Besok

Minggu, 19 Mei 2019 — 15:59 WIB
Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar . (ikbal)

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar . (ikbal)

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melihat kemungkinkan penetapan hasil Pemilu 2019 dilakukan pada Senin (20/5/2019).

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar mengatakan hari ini rekapitulasi tingkat nasional dilakukan untuk hasil pemilu dari Sulawesi Selatan dan pemungutan suara ulang Kuala Lumpur.

Sedangkan empat provinsi tersisa, Riau, Sumatera Utara, Maluku dan Papua akan direkapitulasi besok.

“Kalau kita lihat, masih ada 4 provinsi lagi setelah hari ini. Mungkin besok bisa diselesaikan, berdasarkan pengalaman rekapitulasi terakhir 4 rekapitulasi dapat diselesaikan dalam waktu satu hari dan saya rasa mungkin besok kita bisa langsung penetapan, mungkin,” ujarnya di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (19/5/2019).

Dia menambahkan penetapan hasil besok masih harus melihat faktor lainnya. “Tapi kan tergantung, melihat situasi dan bagaimana proses saat rekapitulasi nanti berlangsung,” tandasnya.

Diketahui KPU RI mempunyai batas waktu untuk menetapkan hasil Pemilu 2019 hingga 22 Mei mendatang. Usai penetapan hasil, KPU akan melakukan penetapan calon terpilih tiga hari berselang dengan catatan, hasil Pemilu tidak disengketakan ke Mahkamah Konstitusi (MK). (ikbal/tri)