Thursday, 27 June 2019

Ramadan di Mesjid Agung Bekasi: Tiap Hari Satu Juz

Minggu, 19 Mei 2019 — 17:27 WIB
Suasana di Masjid Agung Albarkah, Kota Bekasi. (chotim)

Suasana di Masjid Agung Albarkah, Kota Bekasi. (chotim)

BEKASI – Suasana Ramadhan di Masjid Agung Albarkah, Kota Bekasi, begitu semarak. Masjid ini masih mempertahankan ‘satu hari satu juz’ atau SHSJ dalam pelaksanaan salat tarawih.

“Ini masih kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan kualitasnya,’ kata H Syaiful Bahri, Ketua DKM Albarkah, Kota Bekasi.

Memang, kegiatan SHSJ di masjid kebanggaan warga Kota Bekasi ini menjadi daya tarik jamaah yang luar biasa. Mereka berasal dari jamaah sekitar, dan bahkan tak jarang jamaah yang jauh lokasinya rela datang untuk menikmati SHSJ.

Teknis pelaksanaannya mengandalkan para imam yang semuanya hafal Al Quran. Mereka membaca dalam setiaap rekaat dalam tarawih satu hari satu juz. Memang, berbeda dari masjid lain, karena di masjid ini tidak ada agenda kultum. Jadi, habis isya langsung melaksanakan 20 rekaat tarawih dan 3 witir.

“Subhanallah. Saya bisa terharu kalau ikut jamaah di sini,” kata Faisal, jamaah asal Wismaasri, Bekasi Utara.

Hal sama diakui Ketua DKM Syaiful Bahri, yang selalu bebisa mungkin ikut berjamaah tarawih di masjid. Karena, seringkali tak terasa bisa menangis saat mengikuti alunan ayat-ayat suci yang dibacakan imam.

Hal ini memang tak bisa dilepaskan dari peran imam yang hafal Al Quran, dan sebagian besar juga qori. “Lagunya menghanyutkan, apalagi imam juga tak jarang bisa menangis saat membacanya,” katanya.

Para imam ini juga memiliki prestasi di tingkat nasional, bahkan internasional. Mereka diantaranya Ust. H Nurohim Alhafidz, Ustad KH Fayumi Alhafidz, Ustad H Ukayani Ahmad Alhafidz, Ustad Yen Syukrilah, dan juga Ustad Faishol Ilahi. Nama imam terakhir yang ini saat ini tengah mengikuti MTQ Internasional di Dubai.

“Salah satunya, dengan barokah Alquran bisa untuk memakmurkan masjid,” kata H Ukayani Ahmad, imam.

Jadi, jika saja kita ingin menikmati salat tarawih yang nikmat. Menikmati tarawih sepertihalnya salat di Masjidil Haram. Maka, tak ada salahnya merasakan jamaah salat tarwih di Masjid Agung Albarkah. (chotim/yp)