Sunday, 25 August 2019

Wakapolri : Setelah Pemilu Ada Riak-riak

Minggu, 19 Mei 2019 — 5:20 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Wakapolri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto disambut saat tiba di Mapolda Banten.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Wakapolri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto disambut saat tiba di Mapolda Banten.

SERANG – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengunjungi Banten, Sabtu (18/5/2019). Keduanya bertandang ke Banten dalam rangka kegiatan Safari Ramadhan ke Polda Banten.

Keduanya tiba di Mapolda Banten pukul 16.30 WIB. Disambut oleh Abuya Muhtadi dan Ketua MUI Banten HM Romli yang langsung mengalungkan sorban putih kepada keduanya. Selain kegiatan bernuansa keagamaan, agenda diisi dengan santunan terhadap yatim piatu.

Dalam sambutannya, Wakapolri mengatakan setelah pemungutan suara Pemilu 2019, tetap terdapat riak-riak sehingga diperlukan ajakan memupuk rasa persatuan dan kesatuan.

“Kegiatan safari Ramadhan selain sarana mengingatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, juga memperkuat soliditas TNI-Polri, ulama dan masyarakat lainnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” tutur Ari Dono.

Soliditas TNI-Polri dikatakannya sangat penting, khususnya dalam pengamanan penghitungan suara hingga penetapan hasil pemilu, Operasi Ketupat, pelantikan presiden-wakil presiden serta Operasi Lilin.

Untuk daerah Banten pun disebutnya merupakan salah sasaran Operasi Ketupat dengan adanya Pelabuhan Merak di Cilegon.

“Masih banyak agenda yang kita seriusi, maka persatuan kesatuan harus kita jaga terus. Melalui kegiatan yang dilakukan bersama TNI dan Polri, sepanjang Bulan Ramadhan ini diharapkan soliditasnya,” tutur Jenderal bintang tiga.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menuturkan, pasca pelaksanaan Pemilu 2019, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di provinsi Banten aman dan kondusif.
“Mohon izin Pak Panglima dan Wakapolri saya melaporkan bahwa situasi Kamtibmas di Banten saat ini aman, tertib dan terkendali, mohon doa situasi ini dapat seterusnya seperti itu,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyerahkan santunan kepada perwakilan Anak Yatim Piatu, sedangkan Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto menyerahkan santunan kepada perwakilan Warakawuri.

Turut hadir dalam acara penyambutan antara lain Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy serta para pejabat di lingkungan Kementerian Agama wilayah Banten.

Setelah mendapat kalungan sorban, keduanya disambut dengan seni tradisi rampak bedug yang dimainkan dengan atraktif oleh personel Polri dan TNI. Pertunjukan tersebut ingin menggambarkan kekompakan dan kerukunan serta sinergi antara Polri dan TNI. (haryono)