Monday, 17 June 2019

Berencana Bangun 500 Sumur Resapan, Sudin SDA Baru Buat 25 Titik

Senin, 20 Mei 2019 — 22:05 WIB
Sudin SDA Jakbar mengerahkan ekskavator dalam pembuatan sumur resapan untuk mengatasi banjir. (Rachmi)

Sudin SDA Jakbar mengerahkan ekskavator dalam pembuatan sumur resapan untuk mengatasi banjir. (Rachmi)

JAKARTA  – Menindaklanjuti instruksi Gubernur DKI untuk mengatasi banjir, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat  membangun sumur resapan. Sejauh ini baru terbangun  29 titik sumur resapan di delapan kecamatan., dari 500 sumur yang direncanakan tahun ini.

“Kami menargetkan tahun ini membangun 500 sumur resapan di lahan aset Dinas Tata Air DKI. Hingga pertengahan Mei 2019 kami baru membangun 29 sumur resapan dan optimis mencapai target,” kata Kepala SDA Jakbar, Imron, Senin (20/5/2019).

Di antara lokasi sumur resapan yang dibangun tersebut yakni rumah pompa, trase basah dan lokasi rawan genangan dan banjir di Kedoya dan Pesing Angke. Setiap sumur memiliki kedalaman hingga empat meter dan menampung air hujan sehingga tidak langsung menggenangi jalanan.

Menurut Imron, dengan dibangunnya ratusan sumur resapan itu diharapkan dapat mengatasi genangan khususnya di sejumlah kawasan yang selama ini langganan tergenang.

“Kami juga mengimbau masyarakat supaya tergerak membangun sumur resapan di lingkungan masing-masing untuk mendukung percepatan pengentasan banjir di ibukota,” pungkasnya. (Rachmi/win)