Monday, 17 June 2019

Lebaran 2019, PT KAI Berikan Nuansa Baru di Stasiun Senen dan Gambir

Senin, 20 Mei 2019 — 19:16 WIB
Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President Daop 1 Jakarta (tiga dari kiri). (Yendhi)

Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President Daop 1 Jakarta (tiga dari kiri). (Yendhi)

JAKARTA  –  Demi meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan, khususnya pada masa angkutan Lebaran 2019, PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah terobosan agar calon penumpang merasa aman ketika berada di stasiun menunggu jam keberangkatan.  Salah satunya dengan menambah jumlah tempat duduk dari 80 menjadi 700 di Stasiun Pasar Senen.

Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President Daop 1 Jakarta, mengatakan bahwa pada masa angkutan lebaran pihaknya menambah fasilitas-fasilitas baru bagi penumpang kereta api (KA). Salah satunya yaitu pembangunan hall di Zona 3 di Stasiun Pasar Senen.

“Sebelum dilakukan peremajaan fasilitas di zona 3 yang terletak di area steril sebelum lokasi boarding gate pada Stasiun Pasar Senen luasnya hanya 950 meter persegi namun setelah dilakukan remaja luasnya menjadi 1700 meter persegi. Sedangkan untuk kapasitas tempat duduk (TD) zona 3 yang semula hanya berkapasitas 80 TD menjadi 700 TD,” kata Dadan saat jumpa pers di Hotel Luminor, Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Selain itu juga menambahan kursi tunggu untuk penumpang di area setelah boarding gate sebanyak 23 kursi hingga jumlahnya mencapai 92 kursi. Sementara untuk mengakomodir naik turun penumpang pada KA yang memiliki rangkaian panjang juga telah diselesaikan perpanjangan peron tiga dan empat.

“Pada masa arus mudik 2019 Stasiun Gambir juga memiliki fasilitas baru bagi penumpang KA yaitu adanya Co-Working Space yang terletak di hall Selatan. Co-working space merupakan sebuah ruangan yang disiapkan bagi penumpang atau calon penumpang untuk melakukan aktivitas pekerjaan di area stasiun,” papar Dadan.

Area Co-Working Space berada di Stasiun Gambir dilengkapi dengan fasilitas lengkap mulai dari tempat duduk dan meja untuk 20 orang, internet, charger, AC, dan air mineral. Untuk saat ini area tersebut masih gratis hanya menunjukkan aplikasi KAI Acces.

“Selain itu untuk menghadirkan suasana baru di Stasiun Gambir juga dibuat ruang tunggu bernuansa alam sehingga para penumpang yang sedang menunggu keberangkatan KA merasa semakin nyaman,” jelas Dadan.

Selain penambahan fasilitas di area Stasiun peningkatan pelayanan juga dilakukan melalui optimalisasi database sistem ticketing serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak 2 kali lipat dari hari biasa.

“Hal ini perlu dilakukan terutama saat menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket. Fasilitas umum lainnya juga ditingkatkan seperti peremajaan mushala dan toilet,” tandas Dadan. (Yendhi/win)