Tuesday, 20 August 2019

Mencukupi, Stok Labu Darah Selama Ramadan

Senin, 20 Mei 2019 — 4:00 WIB
Direktur UDD PMI Kabupaten Indramayu dr H Riyanto Martomidjojo, MKes  menunjukkan stok darah. (taryani)

Direktur UDD PMI Kabupaten Indramayu dr H Riyanto Martomidjojo, MKes menunjukkan stok darah. (taryani)

INDRAMAYU  –  Persediaan labu darah di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Indramayu, Jawa Barat  selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijrah atau 2019 Masehi dinilai sudah mencukupi kebutuhan.

Pelakasana Tugas (Plt)  Ketua PMI Kabupaten Indramayu H. Topo Suwarno melalui Direktur Unit Donor Darah PMI Kabupaten Indramayu dr. H. Riyanto Martomidjojo, M.Kes ditemui Pos Kota di ruang kerjanya, Minggu (19/5/2019).

“Untuk bulan puasa  pemasukkan labu darah di kita pasti berkurang, sedangkan permintaan tidak berkurang. Meskipun demikian stok labu darah yang ada di PMI Cabang Indramayu jumlahnya masih mencukupi karena kita telah mensiasati dengan memenuhi persediaan darah jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan.

PMI Cabang Indramayu memanfaatkan kendaraan Donor Darah rutin berkeliling mencari pendonor darah khususnya pada  malam hari selama bulan Ramadhan, waktunya dilakukan  usai salat tarawih dan tempatnya di masjid.

Upaya-upaya tersebut sudah menjadi tugas PMI dalam  memenuhi kebutuhan darah  di Kabupaten Indramayu yang ada di kisaran angka rata-rata 1.500 labu  per bulan. Sedangkan distribusinya sekitar 80 persen disalurkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Dikatakan, jumlah permintaan dan persediaan labu darah tidak jauh berbeda sekalipun pada bulan Ramadan. Hanya saja sekitar Lebaran saat puncak arus mudik dan balik permintaannya kemungkinan meningkat. (taryani/win)