Sunday, 18 August 2019

Pasca Rekapitulasi Final Surat Suara, Pengamanan Gedung KPU RI Ditingkatkan

Selasa, 21 Mei 2019 — 13:15 WIB
Suasana pengamanan kawasan Gedung KPU RI. (yendhi)

Suasana pengamanan kawasan Gedung KPU RI. (yendhi)

JAKARTA  –  Pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2019 kawasan sekitar gedung KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat dijaga ketat aparat Kepolisian. Bahkan sistem keamanan pun ditambah.

Dari pantauan poskotanews, pada Selasa (21/5/219) Jalan Imam Bonjol baik dari arah Taman Suropati menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), atau sebaliknya sudah dilakukan penutupan menggunakan kawat berduri dan beton pembatas jalan dua lapis. Dibalik kawat berduri, ratusan polisi baik Sabhara maupun Brimob berjaga.

Tidak hanya itu, terlihat juga beberapa kendaraan taktis kepolisian disiagakan seperti water canon dan mobil pengurai massa. Namun, tidak terlihat polisi yang membawa senjata api dalam pengamanan kali ini. Hanya ada beberapa membawa tembakan gas air mata.

Pengamaan tersebut sebagai langkah antisipasi adanya rencana aksi unjuk rasa pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno yang menolak hasil rekapitulasi suara.

Kubu Prabowo-Sandi selalu menggaungkan bahwa Pemilu 2019 syarat dengan kecurangan yang sistematis, terstruktur, dan masif. Sehingga mereka meminta pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH. Ma’ruf Amin didiskualifikasi.

Bahkan belakangan santer adanya wacana gerakan people power yang diganti dengan kedaulatan rakyat, hendak melakukan aksi besar-besaran pada Rabu (22/5/2019). Namun, ternyata KPU lebih cepat menyelesaikan penghitungan suara secara manual berjenjang pada Senin (20/5/2019). Jokowi-Ma’ruf pun berhasil mengungguli Prabowo-Sandi. (yendhi/mb)