Friday, 20 September 2019

Tahan Persebaya 1-1, Kalteng Lanjutkan Kejutan

Selasa, 21 Mei 2019 — 22:42 WIB
Liga-1-Shopee-(ist)

JAKARTA -Kejutan kembali diperlihatkan Kalteng Putera dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur Selasa (21/5/2019) malam WIB. Menghadapi tuan rumah Persebaya Surabaya, tim berjuluk Enggang Borneo itu berhasil mencuri satu angka usai bermain 1-1.

Kemenangan ini sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Kalteng di dua laga tandang Liga 1 musim ini. Sebelumnya, pasukan Mário Gomes de Olivera itu sukses membuat kejutan di laga perdana mengalahkan tuan rumah PSIS semarang 2-1, tengah pekan kemarin.

Kali ini, tim dengan status promosi di Liga 1 tersebut, berhasil menghindari kekalahan di kandang Persebaya. Tuan rumah bahkan kerap kesulitan untuk memecah kebuntuan, meski sudah mampu mendominasi sejak awal laga.

Usaha Bajol Ijo, julukan Persebaya untuk memecah kebuntuan baru tercipta pada menit ke-23, lewat aksi Misbakus Solikin. Sebuah umpan mendatar dari Ruben Sanadi, mampu dimaksimalkan oleh Misbakus dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras hingga merubah papan skor menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah. Namun keunggulan itu tidak bertahan lama setelah Enggang Borneo menyamakan kedudukan tiga menit berselang.

Adalah Patrich Wanggai yang sukses menjebol gawang Persebaya usai memanfaatkan kesalahan dari bek Persebaya, Rachmat Irianto dalam mengontrol bola di dalam kotak penalti, sekaligus merubah papan skor menjadi 1-1. Persebaya yang tidak ingin gagal menjaga poin penuh, bangkit melancarkan serangan. Namun hingga babak pertama usai , kedua tim sama-sama gagal menambah gol.

Di babak kedua, Persebaya langsung berinisitif melancarkan serangan. Pasukan Djajang ‘Djanur’ Nurjaman itu bahkan mampu menghasilkan sejumlah peluang untuk kembali membuka keunggulan. Namum rapatnya lini pertahanan Enggang Borneo, membuat Bajol Ijo kerap kesulitan untuk mencetak gol. Di sisi lain, Kalteng tidak tinggal diam. Namun sejumlah usaha yang dilakukan Wanggai dan kolega, hanya sekadar menghasilkan peluang. Skor 1-1 pun tak berubah hingga bubaran.

Hasil itu, membuat Persebaya kembali gagal memetik kemenangan di dua laga pembuka Liga 1 2019. Sebelumnya, pasukan Djanur takluk 1-2 dari tuan rumah Bali United (BU) di laga pembuka. Persebaya pun tetap tercecer di jajaran papan bawah klasemen sementara dengan satu angka. Bajol Ijo tertinggal tiga angka dari Kalteng yang menyodok ke pucuk klasemen sementara. Pada laga lainnya di saat yang bersamaan, BU kalahkan Bhayangkara FC 1-0. (junius)