Friday, 20 September 2019

SBY Siap Dukung Jokowi, dan Puji Prabowo

Rabu, 22 Mei 2019 — 0:26 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) /ikbal

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) /ikbal

JAKARTA-Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya mengeluarkan pernyataan soal hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres maupun Pileg yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum.

Lewat video, SBY mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma’ruf yang sudah ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres.

Bahkan kata SBY dia sia menudukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf secara penuh bila nanti sudah dilantik. “Sayang ucapan selamat kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma’ruf Amin dalam kapasitas saya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6 atas kepercayaan rakyat yang diberikan kepada bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang, saya menyambut baik dan mendukung penuh komitmen dan tekad mulia bapak berdua untuk memimpin dan mengayomi rakyat Indonesia secara adil tanpa kecuali,” kata SBY dalam rekaman video, yang dilihat poskotanews.com Selasa (21/5/2019) malam.

Ketua Umum Partai Demokrat ini mengaku senang ketika mendengar pidato Jokowi akan menjadi pemimpin bagi semua golongan. Sebab kata SBY, pernyataan seperti ini ditunggu semua pihak, baik bagi pendukung Jokowi-Ma’ruf ataupun yang tidak mendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.
SBY berharap Pemilu 2019 bisa diakhiri dengan indah. Dengan begitu, semua pihak bisa berkonsentrasi untuk memajukan Indonesia bersama-sama.
SBY juga mengaku senang atas pernyataan Prabowo yang akan menyelesaikan masalah Pilpres lewat jalur konstitusi dengan car amenggugat ke MK.

“Saya bersyukur dan lega karena bapak Prabowo dalam menyampaikan penolakan atau gugatan terhadap hasil pilpers yang dihitung KPU akan dilakukan melalui jalan konstitusi tafsiran saya melaui MK, jalan yang dibuka dan disediakan oleh konstitusi kita,” jelas SBY.

SBY juga senang bahwa Prabowo menyerukan kepada pendukungnya agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum dalam menyampaikan pendapat di depan umum. Demo dilakukan secara damai, berakhlak dan konstitusional.

“Pak Prabowo, apapun hasil dari gugatan bapak ke MK nanti, sejarah akan mencatat, bapak adalah seorang konstitusionalis serta seorang yang menghormati pranata hukum, juga champions of democracy. Sebuah legacy yang akan dimenangkan dengan indah,” kata SBY. (*/b)