Sunday, 25 August 2019

Calon Pemudik Diminta Waspadai Penyakit Ini

Kamis, 23 Mei 2019 — 19:46 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

BEKASI – Calon pemudik, khususnya yang berkendara motor, diminta tetap menjaga kesehatan dan mengantisipasi gangguan kesehatan selama di perjalanan. Hal ini penting sehingga mudik menjadi lebih nyaman dan sehat.

Seperti sejumlah penyakit ini yang rawan dialami pemudik. Dinas Kesehatan Kota Bekasi mewaspadai empat jenis penyakit yang rawan dialami para pemudik. Para calon pemudik diharapkan tetap menjaga stamina dan kebersihan selama dalam perjalanan. Termasuk menyediakan obat obatan.

“Sejumlah keluhan penyakit yang sering dialami pemudik seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dehidrasi, diare dan infeksi jamur,” kata Dezi Syukrawati, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kamis (23/5).

Penyakit ISPA, katanya, disebabkan cuaca ekstrem terutama saat siang hari dan debu di jalanan. Maka menjadi keharusan bagi pemudik bermotor untuk mengenakan masker.

Untuk dehidrasi terjadi karena kurangnya asupan air mineral saat berkendara.
“Kalau lelah segera beristirahat.  Jangan lupa minum air mineral yang cukup,” katanya.

Terkait diare, katanya, disebabkan makanan yang dikonsumsi atau tangan yang kurang higienis. Dan infeksi jamur disebabkan pakaian lembab akibat keringat atau cuaca.

Hal tak kalah penting sebenarnya faktor kelelahan. Karena keinginan segera sampai biasanya diabaikan masalah kelelalahan ini. “Kalau lelah yah sebaiknya istirahat, jangan dipaksakan karena bisa menurunkan tingkat kewaspadaan berkendara yang berdampak pada kecelakaan lalu lintas,” ujarnya. (chotim/win)