Sunday, 25 August 2019

Damai, Damai, Damai Dong..!

Kamis, 23 Mei 2019 — 4:35 WIB
damai-thr

KALAU ditanya mau aman damai atau rusuh? Damai, dong..! Kan itu tujuan dari semua orang hidup di dunia ini. Kalau begitu, ayo dong semua pihak untuk menahan diri, tahan emosi, dinginkan hati dan kepala.

Seperti Bang Jalil, dia bisa menahan diri dan lebih suka tiarap di rumahnya sambil menyimak semua peristiwa yang cukup menegangkan. Masyarakat memang dikejutkan adanya beberapa bentrokan antara massa dengan petugas, dan pastinya menimbulkan korban jiwa dan luka-luka.

Jakarta, saat ini memang sedang mendapat cobaan, di bebertapa titik, tetutama di depan kantor Bawaslu di Thamrin, dan di KS Tubun, di depan asrama Brimob yang sempat tegang, ada bentrok masyarakat dan petugas. Ada kobaran api dari belasan mobil dan motor. Api yang berkobar di tengah malam menjelang subuh itu memang bikin warga masyarakat ketar ketir.

Memang ini yang ditakutkan Bang Jalil, sebagai warga kecil yang nggak tahu menahu soal politik, sebenarnya nggak menginginkan adanya kegaduhan. Pokoknya maunya damai dan damai. Nggak mau ada ribut-ribut.

Bang Jalil agak tenang, ketika Gubernur Anies Baswedan mengatakan bahwa Jakarta aman dan normal. Kalau pun ada kegaduhan di beberapa titik, tapi gubernur menjamin bahwa itu dapat diatasi oleh petugas, dan ibukota menjadi aman, kondusif.

Nah, kalau begitu ayo semua pihak, sudahlah berdamai dan damai. Kasihan warga masyarakat yang mau lebaran jadi nggak tenang. Bahkan ada yang sedih karena anggota keluarganya terluka dan tewas dalam kerusuhan.

“ Ibu juga mau belanja baju lebaran ke Tanah Abang. Aman nggak ya Pak?” kata istri Bang Jalil.

“Aman, tapi sabar Bu. Lebaran pasti nunggu Ibu, nggak ke mana-mana,” Bang Jalil berseloroh. -massoes