Monday, 17 June 2019

Hadapi Lebaran, Commuter Line Tambah Berbagai Fasilitas

Kamis, 23 Mei 2019 — 19:50 WIB
Direktur Utama KCI, Wiwik Widayanti. (yendhi)

Direktur Utama KCI, Wiwik Widayanti. (yendhi)

JAKARTA – Menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menambah berbagai fasilitas mulai dari vending machine, loket portable, toilet portable dan ruang menyusui yang tersebar di 80 stasiun.

Direktur Utama Wiwik Widayanti, menjelaskan PT. KCI menyiapkan 236 unit vending machine, 196 loket manual, dan 28 loket portable di beberapa stasiun yang kemungkinan terjadi peningkatan saat musim Lebaran antara lain Stasiun Manggarai, Juanda, Bekasi, dan Rangkas Bitung.

“Melalui penambahan fasilitas dan pelayanan ini antrian bisa diatasi terutama membantu pelanggan musiman yang memanfaatkan waktu liburan,” kata Wiwik di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

Selain itu, KCI juga menyiapkan 11 ruang menyusui postable diantara di Stasiun Bojong Gede, Stasiun Citayam, Stasiun Tebet, Stasiun Depok, dan Stasiun Bogor. Juga menambah 12 toilet portable yang tersebar di Stasiun Manggarai, Sudirman, Lenteng Agung, Citayam, dan Rawa Buntu.

Wiwik mengatakan pengguna KRL selama angkutan Lebaran mayoritas adalah pelanggan musiman atau tidak rutin menggunakan kereta api listrik (KRL). Pengguna biasanya berjalan secara rombongan menuju tempat kerabat atau lokasi wisata.

Untuk itu, dia mengimbau kepada calon penumpang agar tetap memperhatikan keselamatan dan mematuhi semua aturan selama penggunakan jasa KRL baik di dalam kereta maupun stasiun. Aturan termasuk pembelian serta penggunaan tiket, ukuran barang bawaan, dan memberikan tempat duduk bagi pengguna prioritas.

“Paling utama adalah selalu pioritaskan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik KRL jika sudah penuh, mendahulukan penumpang yang turun, mengawasi putra putri nya, dan menunggu KRL di belakang garis aman peron berwarna kuning,” tandas Wiwik. (Yendhi/b)