Sunday, 25 August 2019

Walikota Bogor: Ustadz Arifin Ilham Sosok yang Menyejukkan Bangsa Ini

Kamis, 23 Mei 2019 — 19:41 WIB
Jenajah Ustaz Arifin Ilham tiba di Ponpes Az-Zikra di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019). (Rihadin)

Jenajah Ustaz Arifin Ilham tiba di Ponpes Az-Zikra di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019). (Rihadin)

JAKARTA – Sejumlah tokoh dan pejabat  takziah Ponpes Az-Zikra, Sentul, atas meninggalnya  Ustaz Arifin Ilham, Kamis (23/5/2019). Jenazah yang tiba d Bandara Halim Perdanakusuma, Jaktim, siang memang langsung dibawa ke Ponpes Az-Zikra, Sentul.

Mereka antara lain Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin,  Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW), Wali Kota Bogor Bima Arya dan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Salim Segaf Al-Jufri.

Dalam kesempatan di Ponpes Az-Zikra, Menag Lukman mengatakan bangsa ini sangat kehilangan dengan kepergian Ustadz Arifin Ilham.

“Tentu kita semua sangat kehilangan karena beliau orang yang sangat.. sulit kita menjelaskan, sangat besar sekali manfaatnya bagi bangsa dan negara kita khususnya umat Islam di Indonesia,” kata Menteri Lukman di Masjid Az-Zikra Sentul, Bogor.

Menurut Lukman, zikir dan dakwah yang dikumandangkan Arifin Ilham memiliki kekuatan untuk bangsa Indonesia. Dengan zikir, Arifin Ilham mengajak umat lebih mendekatkan diri kepada Allah.

“Zikir-zikir yang beliau kumandangkan beliau terus semarakkan di Indonesia ini sungguh memiliki kekuatan yang luar biasa. Karena melalui zikir itu beliau ingin mengajak umat Islam untuk lebih mampu mendekatkan diri pada Allah SWT dan itu sekaligus menenangkan hati kita,” ungkapnya.

Menteri dari PPP itu  bersyukur Arifin Ilham mendirikan Ponpes Az-Zikra. Dia berharap para santri Ponpes Az-Zikra bisa meneruskan kebaikan Arifin Ilham. “Kita tentu merasa kehilangan tapi saya bersyukur beliau sempat mendirikan Az-Zikra sebuah lembaga pendidikan keagamaan yang mudah-mudahan banyak sekali muridnya dan melanjutkan apa yang beliau lakukan,” tandasnya.

Sementara itu. Wali Kota Bogor Bima Arya menceritakan tentang sosok Arifin Ilham semasa hidup. Menurutnya, pendiri Ponpes Az-Zikra itu pribadi yang selalu bersemangat dan humoris.

“Beliau selalu bersemangat tak kenal lelah, sangat lembut dan silaturahminya luar biasa. Beliau sangat humoris. Kalau ketemu, banyak bercandanya. Selalu menyegarkan suasana,” kata Bima di Masjid Az-Zikra Sentul.

Menurut Bima, dia juga merasa kehilangan atas kepergian Ustadz Arifin Ilham, sebab gabinya sosok Arifin Ilham menjadi tokoh ulama yang dibutuhkan untuk menyejukkan bangsa.

“Bangsa ini membutuhkan sosok guru bangsa yang menyejukan, yang mengingatkan kita untuk tidak berorientasi pada duniawi, beliau ini salah satunya. Di tengah kondisi bangsa sepeti ini, saya kira kepergian beliau sangat menyesakkan hati,” paparnya. (*/win)