Monday, 17 June 2019

Ditekuk Valencia 2-1 Barca Gagal Pertahankan Gelar Copa del Rey

Minggu, 26 Mei 2019 — 5:08 WIB
Valencia juara Copa del Rey usai mengalahkan Barcelona 2-1 (reuters)

Valencia juara Copa del Rey usai mengalahkan Barcelona 2-1 (reuters)

SPANYOL– Barcelona gagal pertahankan juara Copa del Rey setelah kalah 1-2 dari Valencia dalam laga final yang digelar di Estadio Benito Villamarín, Minggu (26/5/2019) dinihari WIB.

Kedua gol Valencia dicetak oleh Kevin Gameiro menit ke-21 dan gol Rodrigo Moreno menit ke-33. Sedangkan gol balasan Barcelona diciptakan oleh Lionel Messi menit ke-73.

Dengan demikian Barca gagal menciptakan rekor jadi juara Copa del Rey lima kali berturut-turut. Tidak itu saja, Barca juga gagal di Liga Champions setelah disingkirkan Liverpool di semifinal lewat laga menyakitkan.

Musim ini Barcelona hanya mengantongi satu gelar yakni juara Liga Spanyol. Ini menurun dari musim lalu yang berhasil meraih dua trofi.

Akibat kegagalan ini sepertinya nasib pelatih Ernesto Valverde berada di ujung tanduk. Tekanan agar dia dipecat berhembus kencang.

Kekalahan dari Valencia tentu menambah luka bagi Blaugrana. Menguasai penuh pertandingan bahkan hingga 72 persen nyatanya tidak bisa berbuat apa-apa.

Memang tampil dengan tanpa tiga pemain inti membuat Barca pincang. Tanpa Luis Suarez di depan membuat Messi harus kerja sendirian. Malcom yang jadi pengganti Suarez belum bisa berbuat apa-apa. Pemain muda asal Brasil itu beberapa kali gagal mencetak gol.

Dembele yang masih cidera yang kerap jadi pembeda membuat Barca kesulitan. Demikian juga ketidak-hadiran kiper Ter Stegen membuat pertahanan Barcelona kian rapuh. Dua gol Valencian sebagai buktinya.

Gol Valencia bermula dari serangan yang dibangun oleh Jose Gaya dari sisi kanan pertahanan Barcelona. Gaya lalu melepaskan umpan tarik kepada Gameiro yang kemudian berhasil melewati bek Jordi Alba sebelum melepaskan tembakan keras ke sisi kanan gawang. Cillessen tak berdaya Barca tertinggal 0-1.
Barcelona berusaha bangkit namun segala usaha mereka selalu gagal berkat ketatnya pertahanan Valencia.

Bukannya mencetak gol jutru gawang Cillessen kembali bobol menit ke-33 setelah Rodrigo sukses menyambar umpan silang dari Barragan lewat tandukan kencang. Bola meluncur deras ke gawang tanpa bisa dihentikan oleh Cillessen.

Unggul 2-0 membuat Valencia bertahan total. Bahkan Valencia menempatkan delapan hingga sembilan pemain di sekitar kotak penalti mereka. Barcelona benar-benar kesulitan menciptakan peluang sehingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua Barca melakukan berbagai cara untuk menembus pertahanan ketat Valencia.

Menit ke- 57 Messi nyaris memperkecil kekalahan Barca. Menerima operan dari Malcom, striker asal Argentina itu menerobos ke kotak penalti sebelum melepaskan tembakan ‘lob’ yang masih menerpa mistar gawang. Vidal coba memanfaatkan bola rebound, tapi sepakan sang gelandang tidak mengarah ke sasaran.

Diserang terus Valencia beberapa kali harus bermain keras untuk meredam pemain-pemain Barca. Seperti yang dilakukan Kondogbia yang menerjang kaki Lenglet tanpa mengenai bola sama sekali. Aksi berbahaya eks Inter itu menghasilkan kartu kuning untuknya.

Barcelona akhirnya mampu memperkecil kedudukan menit menit ke-73. Berawal dari sundulan Lenglet yang tidak lengket ditangkap oleh kiper Domenech dan bola muntah berhasil ditendang oleh Messi yang meluncur deras ke gawang yang sudah kosong.

Gol itu membuat laga semakin seru. Barca terus membombardir pertahanan Valencia. Berharap bisa menyamakan kedudukan segala usaha dilakukan.

Menit ke 90′ + 2′ Messi nyaris menyamakan kedudukan. Sayang tembakan kencang kapten tim itu masih bisa diblok oleh Gabriel.

Valencia mengancam Barca lewat serangan balik. Namun Guedes membuang peluang bagus. Sang winger melepaskan tembakan dari jarak jauh setelah melihat Cillessen berada jauh di area penalti Valencia. Sayang, upaya Guedes masih melebar di sisi gawang.

Akhirnya wasit menyudahi laga dan Barca gagal jadi juara kali kelima. (b)