Tuesday, 18 June 2019

Yusril Menaruh Hormat Kepada Prabowo

Minggu, 26 Mei 2019 — 7:50 WIB
Jokowi di dampingi pengacaranya Yusril Ihza Mahendra. (ikbal)

Jokowi di dampingi pengacaranya Yusril Ihza Mahendra. (ikbal)

JAKARTA- Yusril Izha Mahendra mengapresiasi sikap Prabowo yang akhirnya mau menyelesiakan sengketa Pemilihan Presiden lewat Mahakamah Konstitusi. Menurut Yusril, sikap Prabowo itu adalah terhormat dan sudah sangat tepat.

Meski demikian Yusril yang juga Ketua Tim Hukum capres-cawapres Joko Widodo- Ma’ruf Amin, mengaku siap melayani gugatan Prabowo-Sandi. Pasalnya pasangan nomor urut No. 1 itu dalam gugatan disebuat pihak terkait setelah dinyatakan Komisi Pemilihan Umum sebagai pemenang Pilpres 2019.
“Membawa ketidakpuasan terhadap hasil pemilu presiden ke MK adalah langkah yang tepat dan terhormat,” kata Yusril di Jakarta, Sabtu (25/5).

“Saya percaya bahwa hukum adalah mekanisme penyelesaian konflik secara damai, adil, dan bermartabat,” terangnya.

Yusril berharap pendukung Prabowo juga mendukung sikap Ketua Umum Partai Gerindra itu menyelesaikan sengketa lewat jalur konstitusional. Yusril meminta, agar tidak lagi melakukan unjuk rasa yang berujung kerusuhan.

“Unjuk rasa secara damai boleh saja, karena hal itu merupakan hak warga negara yang dijamin konstitusi,” tuturnya.

Namun, tuntutan dalam unjuk rasa tidak bisa diklaim sebagai pelaksanaan dari asas kedaulatan rakyat. “Kedaulatan memang ada di tangan rakyat. Tetapi pelaksanaannya dilakukan menurut mekanisme yang diatur oleh Undang-Undang Dasar. Itulah amanat amandemen UUD 45 yang wajib kita pedomani,” ujar ahli hukum tata negara ini.

Yusril menjelaskan, kedaulatan rakyat jangan sampai disalah-artikan seolah-olah rakyat boleh melakukan apa saja yang dia kehendaki di bidang ketatanegaraan.
Menurutnya, terlepas dari kekurangannya, MK adalah lembaga yang terpercaya untuk menyelesaikan berbagai sengketa pemilu yang menjadi kewenangannya. Yusril percaya sembilan hakim MK yang ada sekarang ini adalah negarawan pengawal konstitusi yang berintegritas tinggi.(b)