Monday, 17 June 2019

Kasus Dugaan Makar, Hari Ini Polisi Panggil Ustad Sambo dan Permadi

Senin, 27 Mei 2019 — 10:16 WIB
Politikus senior Partai Gerindra, Permadi (tengah), di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. (cw2)

Politikus senior Partai Gerindra, Permadi (tengah), di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. (cw2)

JAKARTA – Polisi menjadwalkan pemeriksaan terhadap politikus senior Partai Gerindra, Permadi Satria Wiwoho, dan pemimpin Pondok Pesantren Al-Hilal, Ansuf Idrus Sambo atau yang dikenal Ustad Sambo, Senin (27/5/2019).

Permadi akan diperiksa sebagai saksi terlapor oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya, terkait kasus penyebaran kebencian dan dugaan makar. Sedangkan Ustad Sambo akan diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.

Hal ini pun dibenarkan oleh kuasa hukum Permadi dan Ustad Sambo, Hendarsam. Menurutnya, kedua kliennya ini akan diperiksa pukul 10.00 WIB pagi.

“Ya Pak Permadi dan Ustadz Sambo akan diperiksa jam 10.00. Beda (pemeriksaannya), Permadi di Krimsus, (sedangkan) Ustadz Sambo di Krimum,” ujar Hendarsam ketika dikonfirmasi.

(BacaUstad Sambo Diperiksa Polda Metro Rabu)

Ia pun memastikan baik Permadi maupun Ustad Sambo akan hadir dalam pemeriksaan yang diagendakan pagi ini. “Dua-duanya konfirmasi hadir,” tutupnya.

Diketahui, Permadi dilaporkan oleh tiga orang terkait dugaan penyebaran ujaran kebencian dan makar, ke Polda Metro Jaya. Pelaporan tersebut dibuat berdasarkan video di media sosial yang menunjukkan Permadi tengah berada di forum diskusi. Dari video tersebut, Permadi diduga melakukan penyebaran ujaran kebencian dan dugaan makar.

(BacaPermadi Mengaku Beda Pemahaman Ideologi dengan Eggi Sudjana)

Sementara itu Ustad Sambo akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana. Sebelumnya Ustad Sambo sudah pernah diagendakan pemeriksaan, namun pada saat itu ia tidak memenuhi panggilan polisi.

Eggi Sudjana sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan makar dan pernyataan ‘people power‘ oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimun) Polda Metro Jaya, Selasa (7/5/2019) lalu. Eggi pun telah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya. (cw2/ys)