Thursday, 27 June 2019

Tanpa Menyebut Waktu Pansus Sebut Anies Segera Miliki Pendamping

Senin, 27 Mei 2019 — 20:48 WIB
,Mohamad Ongen Sangaji. (dok)

,Mohamad Ongen Sangaji. (dok)

JAKARTA – Meski tidak menyebutkan waktunya kapan, Pantia Khusus (Pansus) pemilihan wagub DKI Jakarta, memastikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal segera mendapat pendamping.

Hal tersebut disampaikan Ongen Sangaji, Ketua Pansus DPRD Pemilihan Wagub DKI Jakarta, Senin (27/5).

Menurut Ongen, pihaknya dalam waktu dekat segera menuntaskan tugasnya. “Insya Allah dalam waktu dekat, kita sudah punya wagub, “katanya.

Namun, sebelum pemilihan digelar, Pansus terlebih dahulu melakukan kunjungan kerja ke dua daerah untuk mendapatkan masukan untuk penyusunan tata tertib.

Dua provindi yang dijadikan acuan adalah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Anggota pansus telah mendapat rekomendasi dari DPRD Riau pekan lalu. Namun Sangaji tak merinci hasil kunker di Provinsi Riau.

Anggota dewan memutuskan kunker ke dua provinsi itu lantaran pemda di sana pernah mengalami kekosongan wagub seperti yang dialami pemerintah DKI saat ini.

PKS dan Gerindra mengusung dua orang yakni Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) DKI Agung Yulianto dan mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu. Keduanya politikus PKS.

Proses pemilihan nantinya dilakukan dalam sidang paripurna. Rapat paripurna baru berjalan jika dihadiri dua per tiga dari 106 anggota DPRD alias kuorum. Sementara wagub DKI terpilih harus mendapat suara sah 50+1.(john/b)