Sunday, 16 June 2019

Tutup Ruang Gerak Pelaku Kejahatan

Senin, 27 Mei 2019 — 7:59 WIB

WASPADALAH. Kata ini perlu dipegang teguh  masyarakat menyikapi kondisi keamanan belakangan ini. Menjelang Lebaran,  pelaku kejahatan terutama bandit jalanan banyak bergentayangan.

Kawanan bandit ini memanfaatkan mobilitas masyarakat saat di jalanan dan pusat keramaian seperti pasar, pusat perbelanjaan, pertokoan serta lokasi lainnya.

Tak heran bila Polda Metro Jaya melalui Kabid  Humas Kombes Argo Juwono mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap aksi kejahatan, terutama di jalanan.

Bagi warga yang hendak mengambil dan menyetor uang di bank sebaiknya meminta pengawalan petugas kepolisian.  Selain itu, para pelaku kejahatan juga banyak mengincar pemudik dan warga yang sibuk berbelanja.

Sinyal dan imbauan Polda Metro Jaya sudah seharusya kita jadikan pedoman  saat beraktivitas, sehingga tidak menjadi korban kejahatan yang belakangan ini semakin meningkat.

Sikap ekstra hati-hat itu tentunya dengan tidak memberikan ruang dan kesempatan kepada pelaku kejahatan. Misalnya bagi yang akan mudik jangan  memakai perhiasan menyolok agar tidak mengundang pelaku kejahatan.

Pemudik juga jangan gampang percaya dengan orang yang baru dikenal saat di stasiun, terminal, atau sedang dalam perjalanan. Jangan terkecoh dengan orang yang belum dikenal, tetapi pura-pura baik.

Memberikan rasa aman  kepada masyarakat dan mempersempit ruang gerak pelaku tindak kejahatan,  pihak aparat keamanan juga wajib  meningkatkan patroli.  Menjelang Lebaran, kerahkan personel dengan kekuatan penuh bila perlu selama 24 jam.

Jagalah dengan ketat  pusat perbelanjaan, bank-bank, terminal, stasiun, bandara, dan pusat-pusat keramaian lain, sehingga menutup ruang gerak pelaku kejahatan.

Bukan iu saja. Meski kejahatan bergeser ke jalanan dengan memanfaatkan momentum kesibukan menjelang Lebaran, tetapi lingkungan juga harus tetap dijaga. Selain aparat keamanan, warga sebaiknya meningkatkan siskamling di permukimannya masing-masing.

Akitivitas masyarakat  yang sering keluar rumah, sehingga huniannya kosong biasanya juga sering dimanfaatkan pelaku kejahatan. Karena itu, kita waspada di segala lini. Tutup ruang gerak pelaku kejahatan!  @*