Saturday, 24 August 2019

Bungkam Borneo 3-0, Madura United Kokoh di Puncak

Selasa, 28 Mei 2019 — 22:41 WIB
Liga-1-Shopee-(ist)

JAKARTA – Madura United (MU) pertegas posisi sebagai pimpinan klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan kemenangan beruntun di tiga laga pembuka. Sukses itu ditunjukkan tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut, usai membungkam tamunya Borneo FC 3-0 di Stadion Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (28/5) malam WIB.

Tambahan tiga angka itu, menjadikan MU sebagai tim pertama yang sukses mencatat kemenangan beruntun dalam tiga laga pembuka selama bulan Ramadan. Catatan tersebut hanya akan bisa disamai oleh dua tim lainnya, yakni PSM Makassar dan Bali United. PSM akan melakoni laga ketiga mereka saat melawat Tira Persikabo, Rabu (29/5) malam WIB. Sementara Bali United akan menjamu Persija Jakarta, Jumat (31/5) malam WIB.

Menang di dua laga tandang atas tuan rumah Persela Lamongan (5-1) dan Barito Putera (1-0), Laskar Sapi Kerrab kembali melanjutkan dominasi mereka di awal musim ini. Kali ini Borneo menjadi korban keganasan tim asuhan Dejan Antonic itu di Stadion Pamekasan. Namun butuh waktu 25 menit bagi MU untuk bisa membuka keunggulan lewat gol Aleksandar Rakic. MU bahkan bisa menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0, berkat gol Greg Nwokolo (31″).

Unggul dua gol tanpa balas, tidak lantas membuat MU puas di babak kedua. MU kembali menambah keunggulan, kali ini lewat aksi Alberto ‘Beto’ Goncalves dari titik putih (55″). Hadiah penalti diberikan wasit Thoriq Alkatiri kepada MU, akibat pelanggaran di kotak terlarang Borneo. Bomber asal Brasil itu pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menceploskan bola, sekaligus membuat Borneo kian tidak berdaya mengejar.

Meski mampu membuat sejumlah peluang untuk mengejar ketinggalan, namun Borneo tetap tidak bisa memecah kebuntuan hingga laga bubaran. MU pun menang dengan skor tiga gol tanpa balas. Hasil itu sekaligus mengakhiri rekor buruk Antonic atas pelatih Borneo, Mario Gomez. Musim lalu, saat Antonic masih menukangi Borneo, ia selalu kalah menghadapi Persib Bandung, tim yang saat itu ditukangi Gomez. Namun kali ini, Antonic sukses mengakhiri rekor buruk tersebut di awal musim ini.

MU di bawah asuhan Antonic pun tak tergoyahkan di pucuk klasemen dengan sembilan poin dari tiga laga. Laskar Sapi Kerrab unggul dua angka dari PSM dan Bali United dari dua laga. Sementara Borneo tertahan di papan tengah dengan empat poin. Tim asuhan Gomez itu kalah produktivitas gol dari Kalteng Putera yang kalah 0-1 dari Badak Lampung pada hari dan jam yang sama. Sementara di laga lainnya, Bhayangkara FC tekuk tamunya Barito Putera 4-2. (junius)