Thursday, 22 August 2019

Andalkan Atlet Pelapis, PB PBTI Bidik 4 Emas SEA Games 2019

Rabu, 29 Mei 2019 — 9:18 WIB
Kepengurusan PB PBTI di bawah pimpinan Letjen TNI (Purn) H.M. Thamrin Marzuki berfoto bersama dengan para atlet. (junius)

Kepengurusan PB PBTI di bawah pimpinan Letjen TNI (Purn) H.M. Thamrin Marzuki berfoto bersama dengan para atlet. (junius)

JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Taekwondo Indonesia (PB PBTI) menargetkan empat medali emas pada ajang SEA Games 2019 di Filipina. Target tersebut menjadi program jangka pendek Kepengurusan PB PBTI periode 2019-2023 di bawah pimpinan Letjen TNI (Purn) H.M. Thamrin Marzuki.

“SEA Games 2019 menjadi program jangka pendek kami. Kami menargetkan bisa meraih empat emas di sana. Sesuai program pemerintah untuk memberikan banyak pengalaman kepada para atlet muda, kami akan mengandalkan para atlet pelapis. Tujuannya, agar para atlet pelapis bisa memiliki banyak pengalaman untuk menghadapi Olimpiade 2020 sebagai progaram jangka panjang kami,” kata Marzuki usai pelantikan pengurus 2019-2023 di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Kepada para awak media, PB PBTI juga akan melanjutkan program kepengurusan sebelumnya dalam menggenjot performa para atlet dalam Pemusatan latihan nasional (Palatnas).

“Sebelumnya kita sudah menggelar Pelatnas dalam beberapa bulan terakhir dan selanjutnya kami akan kembali mengumpulkan para atlet setelah Lebaran untuk persiapan SEA Games 2019. Ini menjadi kewajiban kami sebagai pengurus baru untuk melanjutkan prestasi,” jelasnya.

Taekwondo sendiri merupakan salah satu cabor andalan Indonesia yang kerap memberikan prestasi di berbagai event akbar. Pada Asian Games 2018 lalu, taekwondo mampu menyumbang satu medali emas, lewat Defia Rosmaniar.

Sementara, pada SEA Games 2017 di Malaysia dengan dua emas. Pergantian kepengurusan dari Marciano Norman kepada Marzuki disambut antusias Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman.

Ia berharap PB PBTI di bawah kepemimpinan Marzuki bisa melanjutkan prestasi taekwondo Indonesia di ajang internasional.

“Harapan kami, taekwondo Indonesia bisa lebih baik. Kami optimistis, di bawah kepemimpinan pak Marzuki, PB PBTI bisa mempertahankan prestasi taekwondo Indonesia di ajang Internasional. Yang terdekat, tentunya SEA Games 2019. Meskipun target utama yang lebih tinggi lagi ada Olimpiade 2020,” ujar Tono, usai melantik. (junius/ys)