Friday, 20 September 2019

Tersengat Listrik PLTU-1 Riau Pejabat dan Pengusaha Tumbang

Rabu, 29 Mei 2019 — 7:49 WIB
kena strum

STROM listrik itu mematikan dan bikin orang masuk liang kubur. Tapi proyek strom listrik bisa bikin orang mati karier dan masuk penjara. Liat saja proyek PLTU-1 Riau, ketika skandalnya terbongkar oleh KPK, setidaknya ada 5 orang pejabat, politisi dan pengusaha harus masuk penjara. Kasus giring proyek ini sering makan korban, tapi kok tak ada jeranya.

Proyek listrik PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)-1 Riau kali pertama makan korban anggota DPR Eny Maulani Saragih dari Komisi VII. Politisi Golkar ini  menggiring proyek PLTU-1 Riau agar jatuh ke pengusaha relasinya. Tapi  tercium KPK dan akhirnya masuk penjara.

Dari pemeriksaan Eny Saragih, kemudian menyeret pula pengusaha Johanes Kotjo, karena dia selaku pemberi suap agar proyek PLTU-1 Riau jatuh padanya.  Keduanya sudah sama-sama masuk penjara.

Jerat KPK tak berhenti sampai di sini, karena kemudian juga menyasar senior Eny Saragih di Golkar, Idrus Marham yang kala itu menjadi Mensos. Karena mantan Sekjen Golkar ini juga kecipratan duit PLTU-1 Riau, dia pun mundur dari Mensos dan akhirnya masuk penjara pula.

“Permainan” Eny Saragih tak hanya sampai di situ saja. Pengusaha Samin Tan selaku pemilik PT Borneo Lumbung Energi & Metal juga jadi tersangka. Dia ikut terseret karena dia memberi uang pula pada Eny Saragih. Dan anti klimaksnya, Dirut PLN Sofyan Basir, kini juga jadi tersangka dan sudah ditahan KPK, karena juga kecipratan suap dari pengusaha Johanes Kotjo.

Begitulah dahsyatnya setrom listrik PLTU-1 Riau. Permainan  proyek pemerintah dengan pola seperti itu sudah sering terjadi, dan terendus KPK. Tapi para pemangku kuasa tak ada kapoknya, terus bermain dan  akhirnya berakhir di penjara. Uang bikin pejabat dan politisi lupa daratan, siapa pun suka kecuali ayam. – (gunarso ts)