Saturday, 21 September 2019

Turki Tumbangkan Prancis sang Juara Dunia

Minggu, 9 Juni 2019 — 5:54 WIB
Pemain Turki rayakan kemenangan bersejarah atas Prancis (reuters)

Pemain Turki rayakan kemenangan bersejarah atas Prancis (reuters)

TURKI- Secara mengejutkan Turki mampu menang 2-0 atas Prancis dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Konya Büyükşehir Belediye Stadyumu, Turki, Minggu (9/6/2019) dinihari WIB.

Kedua gol tuan rumah dicetak oleh Kaan Ayhan menit ke-30 dan lewat gol Cengiz Under pada menit ke-40.

Dengan kemenangan ini Turki sementara memimpin Grup H memiliki sembilan poin dari tiga laga sedangkan Prancis di urutan kedua mengemas enam angka dari tiga kali bertanding.

Tentu kekalahan ini di luar dugaan mengingkat Prancis sebagai Juara Dunia di Rusia dan juga dihuni pemain kelas dunia seperti Kiylan Mbappe, Antiono Griezmann dan Paul Pogba.

Sebetulnya Prancis menguasai pertandingan. Data statistik menujukkan mereka unggul 63 persen dalam penguasaan bola dan juga peluang. Hanya saja penyelesaian akhir dan ketatnya pertahanan Turki usai unggul 2-0 membuat usaha Prancis selalu gagal.

Sementara Turki yang bermain tanpa beban justru beberapa kali mengancam gawan Lloris. Seperti pada menit ke-19 kiper Tottenham Hotspur itu berhasil menghalau sepakan pemain Turki dan bola muntah mengarah kepada pemain Turki lainnya Karaman lalu disundul. Lagi-lagi Llori berhasil menghalaunya dan hanya menghasilkan tendangan penjuru buat Turki.
Akhirnya gawang Prancis jebol menit ke-30. Berawal dari tendangan bebas yang dilakukan Demiral bola mengarah ke kotak penalti lalu disundul Ayhan . Tandukannya ke sudut gawang dan kali ini gagal diamankan Lloris.

Menit ke-40 Cengiz Ünder berhasil menggandakan keunggulan Turki usai menerima menerima umpan dari Tokoz . Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-0.

Memasuki babak kedua Turki beberapa mengancam pertahanan Prancis . Menit ke 56 Lloris berhasil menggagalkan tandukan Karaman usai menerima umpan manis dari Under .

Lloris yang bermain gemilang kembali melakukan penyelamatan luar biasa menit ke-70 usai menepis tendangan keras Tekdemir dari luar kotak penalti.

Menit ke-80 Prancis nyaris memperkecil kekalahan sayang tendangan bebas Griezmann berhasil ditepis oleh Gunok, bola liar yang jatuh di kaki Pogba juga gagal dimanfaatkan dengan baik. Kiper Turki tersebut kembali melakukan penyelamatan gemilang.

Hingga laga usai kedudukan tetap 2-0 dan tentu ini peringatan bagi Prancis. Rabu nanti Griezmann dan kawan-kawan akan menghadapi Andorra , sementara Turki mengunjungi Islandia. (b)