Sunday, 16 June 2019

Dicukur Yordania 1-4, Indonesia Terancam Melorot di Ranking FIFA

Selasa, 11 Juni 2019 — 22:13 WIB
Skuat Timnas Indonesia vs Yordania. (instagram officialpssi)

Skuat Timnas Indonesia vs Yordania. (instagram officialpssi)

YORDANIA – Tim ‘Garuda’ Indonesia gagal membawa kemenangan dari lawatan mereka pada laga uji coba di Stadion King Abdullah II, Amman, Yordania, Selasa (11/6/2019) malam WIB. Tampil dengan skema yang tidak biasa di bawah asuhan Simon McMenemy, Tim Garuda dipaksa menyerah 1-4 dari ‘The Chivalrous’ Yordania.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia gagal membawa poin maksimal untuk mendongrak posisi mereka dalam daftar rangking FIFA. Saat ini Indonesia bertengger di peringkat ke-159 FIFA dan berada di Pot 4, jelang undian babak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dengan kekalahan ini, Indonesia terancam digeser oleh Singapura yang saat ini bertengger di peringkat ke-160 FIFA dan berada di Pot 5, jelang undian babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Apabila Singapura berhasil menggeser posisi Indonesia dalam daftar rangking FIFA, maka pasukan McMenemy juga terancam terlempar ke Pot 5, jelang undian babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hal itu semakin memperbesar Tim Garuda bakal berada di ‘grup neraka’ pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 yang mulai dihelat bulan Juli 2019 mendatang. Jika itu terjadi, maka akan sulit bagi Tim Garuda melewati fase kualifikasi tahap pertama.

Menghadapi Yordania dengan skema yang tidak biasa, Indonesia yang menerapkan formasi tiga bek di Stadion King Abdullah II, tampil sangat berhati-hati sejak awal laga.

Meski mampu mematahkan sejumlah peluang Yordania selama 20 menit laga, gawang Tim Garuda, akhirnya jebol pada menit ke-23. Tendangan keras Baha’ Faisal dari dalam kotak penalti, tidak mampu dihalau Andritany Ardhiyasa, seraya membawa tuan rumah unggul 1-0.

Yordania bahkan mampu menggandakan keunggulan, lewat aksi Ahmed Samir pada menit ke-42. Menggiring bola dari sisi kanan lini pertahanan Indonesia, Ahmed Samir mampu menerobos hingga ke kotak penalti sebelum melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang Tim Garuda.

Gol tersebut sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-0 untuk keunggulan tim tuan rumah. Pasalnya, sejak itu tidak ada gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit, tanda jeda.

Di babak kedua, Yordania tidak mengendurkan serangan dan mampu menambah keunggulan, lewat gol Yousef Al-Rawashdeh (63′) dan Hamza Al-Dardour (79′).

Tim Garuda sendiri baru bisa memperkecil kekalahan pada laga itu berkat aksi Alberto ‘Beto’ Gonçalves (86′). Hadiah penalti diberikan wasit akibat pelanggaran yang dilakukan Amer Shafi di kotak terlarang. Beto pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menyudahi laga dengan kekalahan 1-4. (junius/ys)

Susunan Pemain

Timnas Yordania (4-2-3-1): Shafi; Shelbaieh, Khattab, Alarab, Haddad; Bani Attiah, Abdel-Rahman; Al-Taamari, Samir, Hamdouni, Faisal. Pelatih: Vital Borkelmans.

Timnas Indonesia (3-4-3): Andritany Ardhiyasa, Rudolof Yanto Basna, Achmad Jufriyanto, Hansamu Yama Pranata, Ruben Sanadi (Novri Setiawan 46′), Rizki Pellu, Evan Dimas Darmono, Rizky Pora, Riko Simanjuntak (Alberto Goncalves 57′), Ramdani Lestaluhu (Andik Vermansah 45′), Dedik Setiawan. Pelatih: Simon McMenemy.