Wednesday, 26 June 2019

Rusuh 21-22 Mei, Polisi Akan Usut Keterlibatan Tim Mawar

Selasa, 11 Juni 2019 — 17:59 WIB
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Muhammad Iqbal. (ikbal)

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Muhammad Iqbal. (ikbal)

JAKARTA – Polisi akan menyelidiki dugaan keterlibatan salah satu kelompok dalam kerusuhan 21 Mei dan 22 Mei lalu. Hal itu merujuk pada beredarnya pemberitaan salah satu media nasional yang mengungkapkan keterlibatan Tim Mawar pada kerusuhan tersebut.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal, mengatakan pihaknya akan menggunakan pemberitaan tersebut sebagai salah satu petunjuk pengembangan penyelidikan.

“Ada sebutan tim. Ini kan baru keterangan dan petunjuk. Kita akan dalami,” ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa.

Lebih lanjut, polisi juga telah menjadwalkan memeriksa eks anggota Tim Mawar, Letkol (purn) Fauka Noor Farid. Pemeriksaan dilakukan setelah nama Fauka disebut dalah satu tersangka kerusuhan 21 Mei dan 22 Mei lalu, Kobra Hercules. Pengakuan tersebut tercantum dalam berita acara pemeriksaan (BAP) Kobra Hercules.

“Memang Saudara F sudah disebut namanya oleh salah satu tersangka berinisial MN atau banyak yang menyebutnya Kobra Hercules. Kami pasti memanggil Saudara F untuk dimintai keterangan, proses tetap berlanjut, asas praduga tak bersalah benar kami kedepankan,” jelasnya.

Iqbal menambahkan, berdasarkan pengakuan Kobra Hercules Fauka kerap hadir dalam rapat persiapan pengerahan massa dalam demonstrasi 21 Mei dan 22 Mei.

“Dia sering ketemu untuk rapat untuk membicarakan kesiapan pengerahan massa pada 21- 22 Mei,” imbuh dia. (ikbal/b)