Saturday, 21 September 2019

Agar Dia Lolos Bandit Ini Teriaki Temannya Maling Motor

Rabu, 12 Juni 2019 — 18:14 WIB
Ilustrasi pencurian sepeda motor.

Ilustrasi pencurian sepeda motor.

JAKARTA – Kepergok saat beraksi, tersangka maling motor babak belur dihajar massa. Pelaku menjadi bulan-bulanan warga setelah motor yang dikendarainya menabrak angkot di Jalan Al Baidho, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (11/6) malam.

Pras, 24, wajahnya babak belur akibat bogem mentah dari belasan warga. Beruntung, nyawanya masih dapat tertolong setelah beberapa warga mengamankan sambil menunggu polisi datang.

Zakaria, 45, warga setempat mengatakan, aksi tersebut berawal dari komplotan maling sepeda motor yang diketahui tiga orang. Saat tengah mencongkel motor milik jamaah pengajian, aksinya ketahuan. “Karena ketahuan itu pelaku mencoba melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor,” katanya, Rabu (12/6).

Ketiga maling yang menggunakan dua sepeda motor, kata Zakaria, berupaya melarikan diri. Namun di pertigaan jalan Al Baidho sepeda motor yang dinaiki dua pelaku menghantam angkot. “Pelaku yang satu kabur, yang satunya tertimpa motor dan tak bisa lari terus dipukulin warga. Kalau yang dibonceng sama yang bawa motor sendiri kabur, sudah coba dikejar tapi enggak dapat,” ujarnya.

Zakaria menambahkan, salah satu pelaku terbilang licik, karena saat itu meneriaki temannya yang jatuh tertimpa motor dan tancap gas ke Jalan Haji Juhaman dengan kata ‘maling’. Akibat hal itu memang memang mengalihkan perhatian warga yang akhirnya mendekati yang jatuh. “Jadi maling teriak maling. Dia pura-pura jadi warga terus ikut ngejar, padahal lari ke arah rumah warga. Warga juga sadarnya telat,” ujarnya.

Aksi yang dilakukan warga, kata Zakaria, karena kesal dengan aksi pencurian sepeda motor yang terjadi selama ini. Pasalnya, setiap tahunnya selalu ada sekitar tiga kasus pencurian sepeda motor di wilayah Kelurahan Lubang Buaya. “Kalau maling sering, tapi jarang ada yang tertangkap. Mulai dari maling motor, burung. Pernah ada orang makan di Warteg motornya hilang. Padahal parkir depan Warteg,” tuturnya.

Kapolsek Cipayung, Kompol Darmo mengatakan, pihaknya sudah mengamankan pelaku pencurian kendaraan bermotor. Pelaku yang merupakan warga Bekasi itu diketahui sebagai joki dalam sindikat tersebut. “Sudah kami amankan berikut dengan sepeda motor miliknya yang menabrak angkot,” katanya.

Dikatakan Kapolsek, saat ini petugas masih terus menggali keterangan dari pelaki. Hal itu untuk meringkus dua pelaku lain yang melarikan diri. “Pemeriksaan mendalam masih terus dilakukan petugas untuk meringkus dua pelaku lain yang masih berkeliaran,” pungkasnya. (Ifand/b)